Indonesia Model United Nation

Model United Nation adalah simulasi perserikatan bangsa-bangsa yang membahas dan mempelajari tentang kejadian yang sedang terjadi di dunia, cara berkomunikasi yang efektif, serta maslah globalisasi dan hubungan diplomasi multilateral antar bangsa. Dalam standar simulasi PBB (Model United Nation) ini, mahasiswa berperan sebagai diplomat dan berpartisipasi dalam sesi simulasi sebuah organisasi antar pemerintah. Para peserta menjadi perwakilan suatu negara sebagai diplomat, meneliti negara yang diwakilkan, mendiskusikan dan menganalisis isu-isu internasional, saling berkonsultasi dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.
Terdapat tiga bagian dalam Model United Nation yang pertama kali diadakan pertama kali di Indonesia ini. General Assembly (Majelis Umum), Asean Regional Forum, Security Council (Dewan Keamanan). Pada simulasi sidang PBB ini terdapat 2 hal pokok yang di bahas dalam General Assembly yaitu, Nuclear Power for Humanity: mitigating the Nuclear Impacts dan New and renewable Energy: Solution to World’s Energy Problem.
Wakil dari Universitas Andalas berpartisipasi dalam General Assembly dan Asean Regional Forum, wakil dari Universitas Andalas yang berasal dari Fakultas Teknik berpartisipasi dalam General Assembly (Majelis umum). Fadilla Zennifa menjadi delegasi dari Lao People Democratic Republic dan Fitriana menjadi delegasi dari Bhutan.
Peserta dalam simulasi sidang PBB ini merupakan peserta yang berasal dari berbagai macam universitas di Indonesia dan di Asean. Lebih dari 50% peserta yang mengikuti Model United Nation ini merupakan mahasiswa Hubungan Internasional serta hukum.
Simulasi Sidang PBB dimulai pada tanggal 24 Oktober 2010. Sehari sebelumnya yaitu tanggal 23 Oktober 2010 para peserta hanya melakukan check in di wisma Makara Universitas Indonesia Depok. Untuk berangkat ke Jakarta, biaya tiket pesawat yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 507.000,-. Sedangkan untuk mengikuti acara dan menginap di Wisma Makara dana yang dikeluarkan adalah sebesar Rp.800.000.-.
Pada tanggal 25 Oktober 2010 perlombaan dimulai. Pada malam harinya kami menuju sultan hotel untuk merayakan UN day Celebration. Kegiatan yang dilakukan 25-26 Oktober 2010 diisi dengan perlombaan jajak pendapat setiap delegasi. Pada malam 26 Oktober 2010 diadakan Cultural Night. Pada acara ini setiap peserta menggunakan baju Adat dari daerah masing-masing. Sangat disayangkan dari UNAND pakaian yang dipinjam hanya 5 kostum. Sehingga yang mengenakan Baju adat adalah mahasiswa dari Fisip dan Hukum. The best performance dari acara cultural night ini dimenangkan oleh Kalimantan dari universitas Mulawarman.
Pada tanggal 27 Oktober 2010 merupakan acara penutupan dan pengumuman pemenang dari IndonesiaModel united Nation. Untuk General Assembly the best delegation merupakan Wakil dari Universitas Indonesia yang mewakili negara Kyrgyztan, Mahesh Dadlani. Best Regional Delegation merupakan wakil dari negara Filipinan dari Mindanao State University yang mewakili negara Dominican Republic, Hanimai Macumbal. Outstanding Delegation merupakan wakil dari Universitas Gadjah Mada wakil negara Austria, Jhendra Samodra. Honorable Mention merupakan wakil dari Universitas Indonesia wakil negara PR China, Andhyta Firselly Utami.
Pulang menuju padang dengan harga tiket Rp. 379.000,-
Kami sangat berterimakasih kepada Universitas Andalas Karena telah membiayai perjalanan kami sebesar @Rp.1000.000,-
Harapan dari acara Model United Nation ini semoga untuk kedepannya Universitas Andalas dapat membuat acara yang serupa dan semoga UNAND sering mengadakan pelatihan debat Parlementer.
Sehingga Apabila diselenggarakan acara Model United Nation di negara manapun, Universitas Andalas dapat menjadi pemenangnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s