Mahasiswa Harus Memiliki Mental Kreatif

Kreativitas adalah suatu proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Kekreatifan telah mengubah dunia. Pada zaman prasejarah, yaitu zaman saat belum digunakannya tulisan. Manusia menggunakan batu sebagai pisau. Namun dalam perkembangannya, terutama setelah zaman prasejarah berakhir pisau telah dibuat dari bahan logam. selain itu, sistem kelistrikanpun telah mengalami perkembangan. Sebelumnya, pengaliran listrik hanya digunakan dengan penggunaan kabel tembaga. Kini system kelistrikan pun telah menggunakan wireless.

Manusia yang memiliki mental kreatif dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia. Karena mereka memberikan inovasi-inovasi yang dapat membuka tabir-tabir misteri kehidupan ini.

Ciri khas dari manusia yang memiliki mental kreatif adalah pantang menyerah dan memiliki sifat keingintahuan yang besar. Contohnya Thomas Alfa Edison. Sebelum menemukan lampu pada tahun 1877, dia dicela oleh orang-orang disekitarnya dan dianggap gila. Hal ini dikarenakan anggapan mereka yang berpikir bahwa untuk mendapatkan cahaya tidak mungkin sumber cahaya tersebut tidak terbakar. Setelah melakukan percobaan sebanyak 999 kali dengan 6000 bahan, akhirnya ia berhasil menemukan lampu pada tanggal 21 Oktober 1879.

Mental kreatif harus dimiliki oleh mahasiswa. Karena mahasiswa merupakan pemuda yang memiliki andil besar dalam membangun negara. Seorang mahasiswa yang tidak memiliki mental kreatif tentu saja akan tertinggal dalam persaingan hidup.

Seorang mahasiswa kreatif cenderung bersikap kritis. Hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh negara manapun. Indonesia dapat maju dengan munculnya mahasiswa-mahasiswa yang memiliki mental kreatif. Karena seorang mahasiswa yang memiliki mental tersebut tidak akan pernah sudi melihat negaranya terus tertinggal dan dia akan mencari solusi atas permasalahan negaranya.

Mahasiswa kreatif tentu saja tidak akan sudi meniru karya orang lain. Karena keaslian itu merupakan hal penting baginya. Selain itu, mental kreatif selalu didampingi oleh kejujuran. Kejujuran inilah yang membuat sikap untuk tidak mencontek menjadi dominasi sikap seorang mahasiswa kreatif. Untuk kejayaan bangsa!

 

Advertisements

2 thoughts on “Mahasiswa Harus Memiliki Mental Kreatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s