pengontrol suhu ruangan

cikiciw… sekarang lagi malas ngomong inggris inggrisan,

baiklah, setelah seminggu molor dari janji untuk mengupload simulasi dari temperature control

akhirnya saya menyempatkan diri untuk mengupload nih simulasi.. hheh

review : sebelumnya di artikel lin blog ini, saya sempat membahas bahwa saya membuat tugas besar sendiri yaitu tentang pengontrol suhu ruangan dengan menggunakan arduino uno..

adapun prinsip kerjanya :

LM35 adalah IC sensor suhu yang presisi, keluarannya berupa tegangan yang proposional linier terhadap perubahan suhu dalam derajat Celsius. Dalam system ini, aplikasi sensor suhu IC LM35 berfungsi untuk mendeteksi suhu yang terukur. Lalu diproses oleh Arduino Uno yang merupakan mikrokontroler yang digunakan pada sistem ini, kemudian hasil keluaran di display pada LCD Display 16×2. Pada proses awal, user harus memasukkan password yang telah ditentukan oleh programmer. Apabila password yang dimasukkan oleh user adalah salah, maka system program yang ditampilkan oleh LCD akan kembali ke inisialiasasi awal, apabila password yang dimasuki oleh user benar, maka system akan menunjukkan hasil nilai suhu yang terukur. Kemudian  user akan menginput nilai suhu yang diinginkan. Suhu yang diinputkan oleh user harus lebih kecil dari pada suhu yang terukur sebelum diberi inputan nilai yang diinginkan. Jika suhu input lebih besar dari pada suhu sebelum diberi input maka kipas tidak akan menyala, sebaliknya apabila suhu lebih kecil dari suhu sebelum di input, maka kipas akan menyala. Pada system ini, penginputan nilai suhu hanya berfungsi sebagai pengatur apakah kipas akan hidup atau tidak. System ini tidak mengatur pergerakan fan sesuai dengan nilai yang di inputkan dengan menggunakan keypad untuk menghasilkan suhu yang diinginkan, karena motor yang digunakan sebagai fan dari system ini adalah motor dc yang tidak menggunakan H-Junction.

nah itu bentuk rangkaiannnya di proteus,, hehe

kenapa di proteus? karena  ditantang ama dosennya untuk membuat programnya di proteus yang belum pernah aku sentuh sama sekali.

hehehe  🙂

oh ya untuk mensimulasikan rangkaian ini, kita harus memasukkan program c/c++ yang telah dibuat kedalam bentuk HEX.

karena saya menggunakan arduino uno

maka saya menggunakan compilernya.. bukan make codevision..

nah untuk mendapatkan hex file dari compiler arduino..

kalau kalian make compileer ser 019 keatas

tinggal pencet shif+compile.

nah habis tu salin deh file hexnya ke folder yang kamu mau, terus masukin deh ke rangkaian simulasi di proteus.. gampang kan?

dan ini program pengontrol suhu

Advertisements

3 thoughts on “pengontrol suhu ruangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s