Integrasi Kehidupan dalam Permainan Tambua

Mentari telah menampakkan badannya dibalik bukit karimuntiang. Indah, untuk pagi yang penuh harapan sang mentari telah membuatku terjaga. Hari itu bertepatan dengan hari kelahiran diri ini ke satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di tata surya ini. Menurut kalender Georgian, hari itu adalah hari senin, 4 Juni 2012. Suatu hari yang tak akan pernah menjadi hari biasa di dalam hidup ini.

Pintu kisah telah terbuka sejak mentari pagi di tanggal 4 juni memancarkan cahayanya. Aku, sebagai salah satu dari 17 mahasiswa yang ditugaskan oleh kampus untuk mengabdi di nagari III Koto Aur malintang utara , Padang Pariaman. Mempunyai misi membangun negeri untuk kejayaan bangsa.

Ibarat suatu frame film analog, hidup ini memiliki bagian-bagian yang terpotong – potong nan bila disatukan akan menjadi suatu kisah yang luar biasa. Seorang tentara sangat berjasa dalam mempertahankan negeri ini dari ancaman asing. Seorang atlet berjuang mengharumkan negara di antara derasnya peluh dan darah nan mengalir keluar dari pori tubuh. Seorang dosen mempengaruhi dunia dalam mengalirkan pola pikir setiap mahasiswanya. Namun aku bukan mereka, aku hanyalah mahasiswa biasa yang belum punya arti apa-apa di ranah pertiwi ini. Aku belum pernah terjun langsung dan terlibat dalam waktu lama dalam membangun daerah yang terpencil, membangun pola pikir yang tersembunyi dan membangun hati nurani untuk berkorban. Aku belum jadi apa-apa dan aku belum bermanfaat di bumi ini.

Aku beruntung, Universitas Andalas membuka jendela kepada diri ini untuk mengabdi ke negara Indonesia melalui media KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kuliah kerja nyata adalah suatu program yang melibatkan mahasiswa sebagai motor penggerak pembangunan masyarakat.

Hubungan antara masyarakat dan mahasiswa terjalin dengan harmonis dengan diadakannya Kuliah Kerja Nyata. Pada teori dasarnya, mahasiswa ditugaskan datang menuju desa dan mendeteksi masalah yang terdapat pada daerah tempat mahasiswa tersebut ditugaskan, lalu mencari solusi untuk mengatasi masalah yang terdapat di daerah tersebut dengan amunisi perbekalan ilmu yang telah didapatkan semasa kuliah. Namun pada prakteknya, hal ini tidak terjadi secara satu arah, melainkan dua arah. Apabila dianalogikan dalam dunia telekomunikasi, sistem Kuliah kerja nyata ibarat sistem duplex. Sistem komunikasi duplex adalah sistem komunikasi dua arah antara sang pengirim informasi dengan penerima informasi. Begitulah dalam dunia KKN. Mahasiswa tidak hanya membantu mencari solusi dari permasalahan yang terdapat di masyarakat, namun juga mendapatkan informasi dari masyarakat tentang bagaimana cara menghadapi masalah secara bermasyarakat dan bagaiman cara kebiasaan adat istiadat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Suatu malam, di saat rasi bintang Scorpio menunjukkan keberadaan sirus yang benderang, suara musik tabuh bertalu berkumandang di jagad nagari III Koto Aur Malintang Utara. Aku, dan 16 rekanku terkesima dengan ramainya masyarakat berpesta-ria di halaman posko tempat aku dan 16 rekanku berada. Masyarakat dan mahasiswa KKN Universitas Andalas pada hari-hari sebelumnya memang telah melebur menjadi satu kesatuan dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari semisal masalah teknologi, pertanian dan masalah kesehatan . Telah banyak pelatihan yang kami adakan di nagari tersebut, namun tetap saja, pelatihan menghadapi kehidupan sehari-hari jauh lebih banyak masyarakat nagari tersebut ajarkan kepada kami. Tetap saja kami yang terkesima dengan indahnya rasa kebersamaan yang dirasakan oleh masyarakat tersebut satu sama lain. Langit semakin gelap, bintang semakin terang, pesta terus berjalan dan tambua terus bertalu.

Masyarakat Nagari III Koto Aur Malintang Utara telah mengajarkanku dan 16 rekanku dalam memaknai hidup. Adalah suatu permainan rakyat yang dinamakan permainan musik Tambua menjadi filosofi besar yang aku dapatkan dari masyarakat yang telah lama menjadi penghuni nagari III Koto Aur Malintang Utara. Dibalik keterbelakangan teknologi, tak membuat jiwa – jiwa manusia di nagari III Koto Aur Malintang Utara menjadi terbelakang dalam hal bermasyarakat.

Tambua, suatu alat musik yang dimainkan dengan cara  dipukul atau ditabuh dan berukuran lebih besar dari pada galon air minum. Permainan musik tambua merupakan suatu permainan musik dengan sistem yang terintegrasi membentuk padanan nada yang harmoni. permainan ini terdiri dari beberapa Tambua yang  dipimpin oleh satu orang yang memainkan Tassa. Tassa merupakan alat musik yang berukuran lebih kecil daripada tambua dan memiliki bentuk serupa dengan Rebbana.

Lalu apakah hubungan antara permainan musik Tambua dengan filosofi kehidupan bermasyarakat di Nagari III Koto Aur Malintang Utara? Dari cara melakukan permainan tambua, dapat diintegrasikan ke dalam kehidupan keseharian bahwa sistem kehidupan dapat menjadi indah dan harmonis apabila kita mengikuti petunjuk dari sang pemimpin. Seorang pemimpin dalam kehidupan bermasyarakat adalah orang yang sangat peka terhadap lingkungan dan paham terhadap permasalahan yang terjadi di sekitarnya. Rusak pemimpin, maka permainan menjadi tak harmonis dan itulah hidup. Serta dalam kehidupan majemuk, harmonisasi dan tenggang rasa antar masyarakat dan pemimpin mestilah menjadi hal yang harus dikuatkan. Bukan sekedar memenangkan ego diri sendiri yang menyebabkan sumbangnya nada-nada kehidupan serta tipisnya rasa kepedulian terhadap sesama. Filosofi inilah yang membuat aku berusaha mengubah kebiasaan egois diri untuk menjadi jiwa yang lebih peka terhadap lingkungan dan orang lain.

Kuliah Kerja Nyata yang telah mempertemukanku dengan masyarakat unik di pedalaman tanah Padang Pariaman, membuatku terjaga dalam tidur yang lelap akan kesombongan nurani merasa diri terpandai padahal tak ada apa-apanya. Mereka mungkin hanyalah petani dan anak petani yang menganggap bahwa dunia masih sebatas ladang dan keramba. Tapi mereka telah membuktikan pada aku dan 16 rekanku bahwa hidup adalah harmonisasi antara pribadi dan masyarakat. Hidup adalah suatu kekompakan yang beretika dan bermoral. Serta inilah salah satu hikmah dari apa yang telah ku dapatkan dalam Kuliah Kerja Nyata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s