rasa iri dan cinta yang diukur dengan science

mungkin garing, tapi tidak ada salahnya untuk menyapa para pembaca dengan Halo! assalamualaikum. kembali bersama saya seorang mahasiswi neuroinformatic dan neuroimaging yang dulunya adalah mahasiswi teknik elektro telekomunikasi tulen. emang banyak sih yang kaget kalau aku bilang jurusan ku biomedical engineering. at least lebih satu kali harus aku pertegas kata “engineering” biar gak disangka mahasiswi kedokteran, di kyudai sendiri, nama kampusku yang sekarang, jangan pikir lab ku berada dibawah naungan kedokteran. labku berada di bawah naungan ISEE dan SLS alias Informatic Science and electrical engineering dan Graduate school of systems life science. Setelah mendapat saran dari abangku satu-satunya, untuk membagi ilmu yang aku pelajari di sini ke media nasional di Indonesia agar banyak yang mendapat ilmu baru, ada baiknya draft tulisan yang akan ku kirimkan ke redaksi media nasional di Indonesia itu ku tuliskan dulu di blog ku ini.

well, seminggu yang lalu dikelas advance neuroscience grupku menampilkan hasil penelitian tentang otak manusia. beberapa hari sebelumnya temanku yang orang asli sini bertanya padaku tentang kelayakan dari artikel yang dia baca untuk ditampilkan di kelas. awalnya aku tidak terlalu memperhatikan judul yang dia beri padaku, aku hanya terfokus pada metode dari paper ilmiah yang dibahas di paper itu. di paper itu dibahas tentang penggunaan FMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging. mengingat pertemuan sebelumnya kelompok kami membahas tentang penggunaan NIRS(Near Infrared Sspectroscopi) maka aku kurang setuju dengan paper yang dia ajukan. kemudian dia berkilah, paper ini gampang dibaca dan paling penting cuma 3 halaman. oke akhirnya aku melihat kembali paper yang dia ajukan itu. dan aku berteriak “gileee ini ulasan bakal keren banget!!! sangat menarik!!!!” lalu senanglah dia,.. tapi beneran apa yang aku ucapkan bukan basa basi semata atau kata kata manis seperti orang sini gemar lakukan.

ketika bahagiamu adalah lukaku... tsaaah
ketika bahagiamu adalah lukaku… tsaaah

paper yang diaajukan itu berjudul “When your gain is My Pain and Your pain is my gain : Neural correlates of envy and Schadenfreude” yang bahasa kitanya bisa diartikan sebagai “ketika prestasimu adalah lukaku dan lukamu adalah prestasiku: corelasi saraf rasa iti dan Schadenfreude ” okay okay I tried to ignorance but I cant.. ya mungkin dari kalian banyak yang asing dengan kata kata FMRI and NIRS, what the hell is that?

FMRI itu simpelnya alat yang fungsinya deteksi aktifitas oxygen di otakmu berdasarkan prinsip magnetic yang menyatakan bahwa deoxyhemoglobin itu bersifat paramagnetic sedangkan oxyhemoglobin itu bersifat diamagnetic. alamak jangan bilang gak tau apa itu diamagnetic dan paramagnetic.

coba sms guru atau dosen fisikamu, siapa tau bisa modus,,, hahaha (jadi ingat salah satu dosen fisika di Universitas Andalas) FMRI itu alat paling keren untuk buat brain mapping. tapi harganya, mahal gila!!! sedangkan NIRS itu alat yang berfungsi untuk melihat konsentrasi aliran darah berdasarkan hasil pantulan Infrared yang dipancarkan kekulit kita dan diterima lagi oleh detektor… dan nah nah nah pusing kan? simplenya cara kerja NIRS mirip cara kerja Pulse oxymetri. yang dideteksi NIRS biasanya ada 2, oxyhemoglobin dan deoxyhemoglobin. tapi di lab ku sih yang dideteksi ada 3,

oxyhemoglobin deoxyhemoglobin dan total hemoglobin.

fmri
FMRI http://pauluslab.ucsd.edu/projects/fmri.html
Wireless NIRS
wireless NIRS yang ada di lab

gimana udah mabuk ? hoho aku harap belum jadi artikel yang dibahas oleh temanku itu ya mengenai sifat negatif manusia. ketika kamu merasa badmood atau ngerasa jatuh cinta ada bagian diotak yang aktif. bagian itu ada di sekitar frontal area (bagian depan otak) jadi ada nama syaraf yang sering dipanggil ACC (anterior cingulate cortex) bukan ada apa dengan cinta! udah masa jaman sekarang masih pake hashtag terAADC (nasihatin diri sendiri). eh acc biasanya kata kata yang dinanti mahasiswa yang lagi skripsiankan (mulai ngelantur lagi) oke kembali ke topik.

untuk lebih jelasnya bisa di download di slide yang udah aku unggah di laman blog ini
untuk lebih jelasnya bisa di download di slide yang udah aku unggah di laman blog ini

karena tema yang dipilih dari temanku itu adalah tentang aktifitas otak ketika kamu iri ama prestasi orang, maka diambillah perbandingan antara 2 orang laki laki dan dua orang perempuan. dua laki laki adalah mahasiswa ilmu pasti (caelah mahasiswa anti PHP dong.. kan imu pasti) dan satunya lagi mahasiswi literatur (bahasa kitanya sih mahasiswi sastra). salah satu hipotesis dari penelitian ini menyatakan bahwa “missfortune atau kesialan terjadi pada orang yang punya rasa cemburu besar terhadap orang lain). di sini dikondisikan subjek A, mahasiswa science yang sudah lulus kuliah punya pekeraan tapi gaji gak besar, terus harus lembur pula, dan dia jomblo bro. terus kondisi B, mahasiswa sciences yang juga udah lulus gaji gede, aku lupa dia harus lembur atau gak,, anggap aja iya, tapi dia dikelilingi banyak cewek dan punya cewek bro. terus kondisi c dan d lulusan sastra, gw lupa kondisi mereka gimana. tapi dari hasil penelitan terhadap 4 kondisi ini didapatkan bahwa mahasiswi sastra menjadi orang yang paling bahagia dibandingkan dengan lelaki tersebut. dan penelitian ini juga mengkerucut pada tingkat kecemburuan laki laki lebih besar dari wanita…

what??

iya aku juga kaget pas dengernya,,, kemudia aku bertanya lagi ke dia “jadi maksud lu cowok lebih cemburan dari cewek? wow interesting, karena biasanya dinyatakan kalau cewek itu yang suka cemburuan” kemudian teman gw itu jelasin penelitian ini masih terus berlanju dan karena perbandingannya kurang comparable, kita gak bisa langsung menggenalirisasi (apaan ini). ok jadi FMRI tadi nunjukin apa? ya itu aktifitas di ACC aku lupa apakah lebih tinggi atau rendah, karena slidenya dia penuh dengan tulisan, jadi gak terlalu banyak informasi yang masuk kekepala sekaligus

malah buat banyak hal yang terlupakan.
oke , setalah itu aku bergantian menjelaskan tentang perasaan berlawanan dari rasa IRI. apa itu??? rasa Cinta.. Love bro.. Love…
nah nah nah,,, kebanyakan kita menghubungkan cinta dengan perasaan pria dan wanita, padahal kita juga harus menyadari bahwa selain hubungan antar lawan jenis, cinta juga ada dihubungan seorang ibu dengan bayinya ataupun seorang nenek dengan cucunya.
dari hasil penelitian yang berjudul ” I Love my grand kid! an NIRS study of grandmaternal Love in Japan” udah jangan kritik pemakain an yang tidak pada tempatnya di judul ini, toh paper ini masuk jurnal Sciencedirect.

love
dipenelitian ini, ada 17 subjek yang merupakan nenek. si nenek nenek disuruh nonton video berdurasi 30 detik yang terdiri dari 2 kondisi, kondisi pertama dia ngeliat video cucunya dengan ekpresi netral dan video lain video cucu orang lain dengan kondisi netral juga kemudian di kondisi ke dua si nenek nenek tersebut disuruh ngeliat video cucunya yang lagi ketawa dan liat video cucu orang lain yang juga ketawa.
hasil yang didapat adalah,,, jeng jeng jeng jeng,,, aktifitas oxyhemoglobin meningkat dan lebih tinggi waktu si nenek nenek liat video cucunya sendiri di dua kendisi netral dan senyum dibandingkan dengan saat dia melihat cucu orang lain, dan juga penelitian ini dilakukan di bagian prefrontal cortex, masih bagian otak depan, tepatnya sih di jidat. penelitian ini gak cuma ngukur aktifitas otak tapi juga meneliti mood level dengan penggunaan kuissoner, dari hasil percobaan mereka, didapatkan bahwa mood level dan aktifitas oxyhemoglobin bersifat linear,, jadi makin tinggi aktifitas otakmu, makin tinggi juga mod mu.
emang sih banyak pertanyaan yang tak tertuntaskan di artikel ilmiah ini, namanya juga baru pleriminary paper dan baru di publish di tahun ini.. tunggu aja kelanjutan penelitian ini.
sekian dulu dah,,,, bye

untuk mengetahui lebih dalam mengenai topik yang saya bicarakan, bisa dilihat di link berikut ini :

LOVE

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s