Ehipassiko, See and prove it!

Ehipassiko, suatu kata pinjaman dari ajaran budda, yang berarti Lihat dan Buktikan..

pagi ini, dengan mata bengkak-bengkak dikarenakan terlampau sedih dikala malam sebelumnya, berjalanlah saya ke taman bersama seorang teman dan dia berkata :

“the positive mind will spread to others”

menurut gue, semesta itu baik. Dengan berakhirnya pikiran konyol gue yang melanda di tahun 2015, pada akhirnya gue disadarkan oleh seorang teman.

gue masih ingat pernyataannya yang dia kutip dari orang lain,

ketika seseorang bertanya tentang keberadaan Tuhan.

akan muncul suatu pertanyaan,

“Emang kalau Tuhan itu ada kenapa? Kalau Tuhan itu gak ada kenapa?”

“manusia itu kadang nggak ada masalah tapi, cari cari masalah. ”

“ya kayak lu gini, dibawa ribet, untuk apa?”

“giliran ada masalah, malah lu perparah dengan cari-cari hal yang bikin lo makin galau, ya buat apa coba?”

“kadang diperparah dengan bunuh diri. lo tau gak? dalam ajaran agama apapun maupun atheist, yang namanya bunuh diri itu gak ada bagus bagusnya”

“lo takut gak sih ama mati? kenapa takut? ”

“karena lo masih banyak pencapaian yang belum lo capai,, lo punya kekhawatiran yang lo takuti, lo takut gimana keadaan setelah mati kelak,,, iya terlepas mati bunuh diri itu sakit,, emang ada yang mati bunuh diri gak sakit he?

“gue ya, selalu berharap semoga penduduk bumi selalu damai dan bahagia. ”

“lu mungkin berpikir, lu labil begini karena usia lu yang segitu dan nanti pas lu udah seumuran gue lalu lu bakal lebih dewasa.. inget ya! …karena rambut putih gak menentukan bijaknya seseorang. Kejadian-kejadian yang lo alami sekarang yang bakal buat lu jadi manusia akan datang”

“buat apa lo sedih-sedih gak jelas, emang dengan lu sedih bakal ada perubahan? daripada begini, mending lo berbuat baik dengan sesama, bantu orang lain. Dengan sendirinya lu akan bahagia.”

“masalah yang ada itu exist agar kita mampu mendewasakan diri,,, coba lu liat sekeliling lu sekarang,, indah bukan..? ada cerita begini dilla…

“Tunjukkan padaku, bahwa neraka dan surga itu ada?” ucapnya dengan amarah.
lalu orang bijak itu berkata,
“yang kau alami saat ini adalah neraka”
kemudian yang bertanya terdiam
“nah saat ini engkau berada di surga”
ketika engkau marah, sekitarmu menjadi gelap, engkau hanya terpusat pada satu hal.
sedangkan saat jiwamu sedang tenang, akan kau sadari Indahnya sekitarmu.”

dia melanjutkan

“kenapa sih kita sibuk memikirkan sesuatu yang gak jelas yang kita gak tau bagaimana, hiduplah untuk hari ini, buatlah surga untuk hari ini. menurut lo, apa dengan lu setiap harinya menikmati surga maka lu bakal masuk neraka nantinya? begitu juga sebaliknya, kalau lu tiap hari ngerasain neraka dunia apa lo pikir matilo lo bakal masuk surga?

saat teman gue menceritakan hal itu, di taman ada yang sedang bermain gitar dengan alunan amat merdu, dan gue gak menyadarinya! sampai dia yang memberitahu gue tentang itu,,

maka benarlah,, ketika kita sedang amat sangat sedih ataupun marah, kita tidak akan menyadari keidahan sekitar,,

Kadang atau bahkan acapkali kita memikirkan kebahagiaan dari sudut pandang yang salah. Bersyukurlah karena tetap hidup, karena banyak orang yang rela berkorban apapun demi terus hidup.

dia berkata lagi

“berulang kali dan setiap hari harapan gue cuma satu, semoga semua makhluk hidup damai dan berbahagia… ”

mungkin dari obrolan penuh makna dengan orang itu, gue bisa bikin buku kumpulan kata-kata mutiara 😀

kemudian pulang lah gue ke rumah dan ternyata sudah banyak tulisan yang mengkhawatirkan keadaan gue yang mendadak hilang dari muka bumi,,,

“Bila engkau merasa kesepian, maka bersosialisasi lah”

“buat lo lo yang ngerasa sedih dan galau,,, sedih itu pilihan… bahagia itu pilihan,,,, lo mau hidup sedih terus ampe mampus gak akan ada yang ngerasain sedih lo,, kalau lo mutusin untuk bahagia, bakal banyak orang yang ikut tercerahkan, karena apa? seperti kalimat pembuka tadi… pikiran postif akan menyebar,,, ”

tidak percaya? maka Ehipassiko!

-Maidashi, Fukuoka, Japan Autumn 2015-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s