Tarung Drajat

Beberapa minggu lalu adalah launchingya edisi perdana Fukuoka Nyu-su di Segmen Natsukashi, radio PPI Jepang. Kali itu yang menjadi broadcaster adalah saya dan bung Jason. Terlepas dari bahasan Fukuoka Nyu-su yang launching perdana. Bahasan menarik kali itu datang dari si penyiar sendiri, a.k.a bung Jason. Jadi bung Jason bercerita bahwa di masa mudanya beliau adalah ketua dari UKM Tarung Drajat. Nah apa itu tarung Drajat? dengan lancar bung Jason bercerita (gila tanpa nyontek HP) bahwa tarung drajat didirikan oleh Achmad Drajat. Berlatar belakang masa kecil yang suka di bully oleh orang dewasa di kampungnya maka beliau mengkreasikan (membuat) bela diri yang cocok untuk orang-orang berbadan kecil.

 

Nah hasil dari contekan di wikipedia berkata,

Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.

Tarung Derajat dideklarasikan kelahirannya di Bandung pada 18 Juli 1972 oleh Achmad Dradjat yang biasa dipanggil Aa Boxer. “Box!” adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat menekankan pada agresivitas serangan dalam memukul dan menendang. Namun, tidak terbatas pada teknik itu saja, bantingan, kuncian, dan sapuan kaki juga termasuk dalam metode pelatihannya. Tarung Derajat dijuluki sebagai “Boxer”. Praktisi Tarung Derajat disebut “Petarung”.

Semboyan kece dari tarung drajat yang patut di contoh adalah :

Aku ramah bukan berarti takut. Aku tunduk bukan berarti takluk.

 

natsukashii mei 14.png
Poster Radio Jepang beberapa minggu lalu

radio dapat diakses di :

Radio PPI Jepang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s