Traveling ke kota Yangon (Myanmar) part 1.

Di penghujung tahun 2017, saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Myanmar dalam rangka kegiatan akademik. Kunjugan ke Myanmar ini baru dapat dipastikan pada tengah bulan November. Hal ini menimbulkan minimnya pengetahuan saya tentang negara yang ternyata pernah sangat kuat di Asia tenggara. Pun saat saya mencoba mencari tau tentang negara ini, informasinya amat sangat minim. Terutama untuk solo traveller dan perempuan berjilbab seperti saya. Kalau kamu punya rencana untuk berkunjung ke Myanmar, maka kamu berutung. Karena ditulisan ini, saya akan bagikan ringkasan Beginilah hal-hal yang dapat kamu perhatikan saat kamu akan dan tiba di Myanmar (Yangon).

1. Maskapai penerbangan

Berhubung saya berangkat ke Negara ini dari Jepang (Fukuoka), maka penerbangan yang cukup murah adalah Korean Air. Harga tiket pulang pergi dari Fukuoka- Myanmar (transit di incheon) dan begitu juga sebaliknya.  Berapa harganya? Sekitar 8 juta rupiah. Kenapa saya sering banget terbang dengan korean air? selain murah, makanannya juga enak Di selingi dengan “cuci mata” ehem…Maskapai lain yang cukup murah juga adalah Cathay Pasific, sebenarnya harganya lebih murah beberapa yen saja. Kelemahan dari maskapai Cathay Pasific? makanannya ga enak.

Dari Korea ke Myanmar
Dokumen yang kamu isi saat perjalanan

2. Tanpa Visa

Itulah istimewanya jadi warga ASEAN, kita tidak memerlukan Visa dalam jangka waktu tertentu. Untuk memasuki negara Myanmar, kalau kamu datang cuma 14 hari, kamu ga perlu visa kok.

ga perlu visa

3. Mata uang

Salah satu yang membedakan antara satu negara dengan negara lainnya adalah mata uang. Mata uang di Myanmar adalah Kyat (dibaca chat). Sangat disarankan untuk menukarkan uang yang kamu punya ke dolar US kemudian menukarkannya kembali dalam bentuk Kyat saat kamu ada di bandara. Karena nilai tukar di bandara Yangon International Airport dipercaya lebih adil. Ya saya sendiri sih nukar uang di tengah kota :p karena pesawat saya sampai jam 10:30 malam, yang artinya semua tempat penukaran uang sudah tutup. Tukarkan lah uang dengan pecahan 10 dolar US (jangan 100 dolar US, itu kegedean). Berapa sih nilai tukar uang Kyatt? Kalkulasi sederhananya adalah 1000 kyat sama dengan 83 yen atau sama dengan 0.74 US dolar atau sama dengan 10000 rupiah.  Enam ratus ribu rupiah di rasa cukup untuk kamu habiskan di kota (Yangon) ini dalam waktu 2 hari.

4. Pakaian

Ya yang namanya  negara di ASEAN, tentu saja memiliki karakteristik cuaca yang hampir mirip. Maksudnya gimana? cuaca di Myanmar bulan Desember gak jauh beda dengan cuaca di kota Bogor. Jadi kamu ga perlu pakai jaket tebal. Ya seperti pakaian sehari-hari di Indonesia saja. Namun, hal yang paling kentara pada budaya berpakaian orang-orang Myanmar, dalam dunia akademik (dan sehari-hari) mereka menggunakan “sarung” dan rok panjang (Long Yi). Saya yang ga terbiasa ngeliat orang pakai sarung di dunia akademik, masih acap kaget. Ini orang kaya lagi pada nongkrong di warung kopi di kampung-kampung. Saya tidak melihat orang-orang menggunakan rok mini, dan jarang melihat perempuan menggunakan celana. Di jalan, ada satu-dua orang saya melihat ibu-ibu menggunakan jilbab.  Jadi saran saya, untuk perempuan, gunakanlah pakaian yang tidak menunjukkan kulit lengan ataupun kulit kaki. Berdasarkan hasil tanya jawab saya dengan mahasiswa lokal, seragam sekolah saat kelas 1-5 SD adalah celana panjang/ rok warna hijau. Setelahnya (6 SD dan seterusnya) mereka menggunakan Longyi.

Di pegang dua bidadari.. mbak aku ga akan terbang kok… hihi

5. Hotel

Kebelahan dunia manapun  saya pergi, saya selalu menggunakan aplikasi booking.com untuk memesan hotel. Ya, ga mengherankan bila status saya pada aplikasi ini sudah jadi “jenius”. Saya memesan hotel dengan harga sekitar 1 juta rupiah untuk 3 malam.

Bersambung…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s