Drama dan media sosial #part4 -google adalah Dajjal?-

kalau lamar kerja di google, gak usah bawa cv, mereka udah tau semua tentang kamu

suatu joke yang saya temukan di internet. Mau yang lebih boom lagi?

Jadi, jangan kaget kalo tiba-tiba di jalan ketemu Dajjal yang ngaku Tuhan dan segalanya tentang kamu.

Dalam artikel drama media dan sosial yang sudah terbit dalam beberapa series ini, saya selalu menekankan perkara “keamanan data”, “data yang “tercuri”, serta efek-efek drama lainnya.

Silahkan check di sini :

https://deeexplorers.com/2018/01/17/drama-instastories/

https://deeexplorers.com/2018/02/28/drama-dan-sosial-media-edisi-2-laki-laki/ 

https://deeexplorers.com/2018/03/09/drama-dan-sosial-media-3/

By the way, nikmat bukan mendapatkan akses informasi siapa-siapa saja yang melihat instastories kita? Kita jadi tau siapa yang paling sering nongkrong di instastories, konten apa saja yang bikin banyak view, atau tagar apa saja yang bikin instastories kita banyak dilihat orang. Dengan data ini kita bisa memprediksi kedepannya akan menampilkan apa di instastories kita. Atau kalau mau lebih canggih lagi, kita bisa upgrade aplikasi instagram dari instagram buat pribadi menjadi instagram bisnis. Dengan instagram jenis ini, lebih lengkap lagi data “viewer” yang kamu dapatkan. Hanya catatannya, untuk aktivasi instagram jenis ini, kamu harus punya akun facebook fanpage.

Tapi bagaimana jika dari awal kamu lahir di sosial media, semua datamu otomatis tersimpan? Kali ini bukan jejak orang lain yang kamu tau aktivitasnya. Tapi jejakmu sendiri. Penasaran data apa saja yang terekam?

1. Baca privacy policy

Berapa banyak dari kamu yang pernah membaca ini?

Karena halamannya ada berlembar-lembar, jarang yang mau membaca privacy policy atau kebijakan privasi yang ada di suatu layanan internet. (Di foto ini adalah gambar kebijakan privasi nya google). Padahal ini merupakan faktor penting untuk mengetahui seberapa jauh data yang akan mereka akses dari kamu.

Jadi kalau mau diapain juga ama google, kamu ga bisa nuntut. Karena kamu sudah say yes kan.

2. Akses myactivity.google.com

Di sini kamu bisa melihat aktivitasmu yang direkam oleh google

3. akses google maps

your timeline, di sini kamu bisa melihat aktivitas perjalananmu secara detail.

Bahkan untuk mendeteksi apakah pasanganmu berbohong atau tidak tentang kemana saja dia seharian ini, kamu ga perlu install aplikasi tambahan. Kamu pinjam saja handphone dia, dengan alasan mau check lokasi di google map, lalu tekan tombol menu yang ada di samping kiri dan menu “your timeline” maka sukses sudah kamu mengetahui kemana saja dia pergi. (dan itu juga menandakan hubungan kalian ga sehat, karena adanya rasa insecurities)

kalau misalnya history nya dia di hapus.. ya gampang tinggal akses myactivity.google.com

 

Begitulah sedikit cara untuk mengakses dan mengetahui tentang dirimu dan data dirimu yang disimpan oleh salah satu layanan internet (kasus kali ini ngebahas google aja). Terasa terganggu gak?? terasa dimata-matai gak?

Pernah saya katakan pada seorang teman

jangan pernah taro informasi tanggal lahirmu, alamatmu, nomor handphone mu, nama lengkapmu secara cuma – cuma. Kamu akan tau konsekuensinya nanti.

Saya prediksi, kedepannya orang-orang akan merindukan yang namanya privasi. Karena apa? karena itu akan menjadi hal yang super duper mahal. Sudah sulit membedakan mana yang artis mana yang rakyat jelata biasa dalam urusan informasi data personal. Kalau jaman dulu hanya orang – orang besar saja yang bisa ditemukan datanya di internet, maka kini siapa saja dapat ditemukan. (Selama Dia pernah masuk ke dunia maya).

Lagi-lagi, cita-cita temen saya yang ingin menjadi google proof (ga mampu deteksi oleh google) adalah cita-cita yang sangat visioner…

Negara mana yang sangat concern betul perihal privasi? tentu saja Jepang (menurut saya). Karena apa? karena biasanya negara yang jagoan me mata-matain orang lain juga menjadi negara yang sangat overprotektif pada dirinya sendiri. Karena apa? karena data diri negara, data diri dirimu itu mahal…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s