Start up visa, apaa lagi itu?

Akhir-akhir ini saya balik lagi ke dunia kaskus, setelah postingan saya berhasil menjadi HT, akhirnya saya ketagihan untuk membuat thread baru lagi. Thread terbaru yang saya publish adalah mengenai kota Fukuoka yang terplih menjadi zona khusus Jepang untuk kegiatan “start up”. Karena saya males nulis dua kali, mending kalian baca aja di sini :

Mengenal Kota start up Fukuoka

mapFukuoka

Masih ngelanjutin tema “start up”, mungkin beberapa dari kamu mempunyai impian untuk memiliki bisnis sendiri namun berskala internasional. Namun kamu masih mencari ide bagaimana caranya agar ide bisnis yang kamu punya mengglobal. Nah sehubungan dengan itu, pemerintah Jepang akhirnya menyediakan wadahnya!

Jenis-jenis visa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang:

Dari jenis-jenis visa tersebut, ada yang namanya visa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis.  Nah visa “start up” menurut pemahaman saya masuk ke jenis visa ini.

Apa itu visa Start up?

Berdasarkan tulisan di website resmi pemerintah Fukuoka,

The “Startup Visa” system permits foreign entrepreneurs to receive a six-month “Business Manager” visa without fulfilling aforementioned prerequisites.

Ya buat kamu yang gak suka bahasa inggris, start up visa itu adalah suatu ijin untuk para pengusaha supaya dapat “business manager (BM)” visa selama 6 bulan, tanpa harus memenuhi syarat-syarat dari pengajuan visa BM itu.

Emang syarat visa BM yang sebenarnya seperti apa?

Berdasarkan sumber yang saya kutip [4], syarat dari bisnis manager adalah sebagai berikut:

  • VISA “Business Manager” perlu mempunyai bisnis skala yang cocok dan sudah disiapkan independen fasilitas yang khusus bisnis di Jepang.
  • Skala bisnis yang cocok adalah perusahaan akan memperkerjakan 2 karyawan lebih atau berinvestasi lebih dari 5.000.000 yen untuk modal.

Terus gimana lagi?

The entrepreneur must, however, submit a New Business Implementation Plan (“NBIP”) to Fukuoka City. After evaluating the NBIP, should Fukuoka City confirm that the entrepreneur is expected to fulfill the visa requirements, the Immigration Bureau will evaluate the candidate based on Fukuoka City’s confirmation. If approved, foreign entrepreneurs are provide with six-months to fulfill the standard prerequisites and complete procedures while developing his/her business.

Nah sebagai gantinya, pengusaha harus, menyerahkan Rencana Pelaksanaan Bisnis Baru (“NBIP”) ke kota Fukuoka. Setelah  rancangan NBIP tersebut dievaluasi oleh pemerintah di kota Fukuoka, dan pemerintah menyatakan bahwa si pengusaha dapat memenuhi kriteria yang diajukan, maka pihak biro Imigrasi akan mengevaluasi kandidat berdasarkan konfirmasi Kota Fukuoka. Nah,  jika disetujui, si pengusaha bisa berada mendapatkan visanya sambil memenuhi target dari rancangan bisnis yang diajukan.

Bisnis dibidang apa yang bakal dilirik ?

Bisnis yang akan dilirik adalah bisnis yang punya kemungkinan untuk meningkatkan daya saing industri kota Fukuoka ke dunia interrnasional, atau memperluas kesempatan kerja. Industri yang dilirik adalah sebagai berikut:

    1. Knowledge Creating Industries (semi-conductor, software development, contents production, robotics, etc.
    2. Health, Medical, Welfare Industries (drug discovery ventures, medical technology development, regenerative medicine, welfare equipment development, etc.)
    3. Environment & Energy Industries (clean energy development, next generation power storage technology, global information systems, etc.)
    4. Logistics Industries (global SCM services, 3PL service, international delivery, drone logistics development, etc. )
    5. Trade Industries (businesses developing international sales for goods made in Fukuoka, industries utilizing the Port of Hakata and/or Fukuoka Airport, etc.)*For catatan

catatan : untuk industri perdagangan (nomor 5), kandidat haruslah orang yang punya inovasi bisnis atau mempunyai kontribusi yang kuat dalam pertumbuhan perusahaan di kota Fukuoka.

 

Yang berhak mengajukan visa ini siapa?

Siapa saja yang berniat untuk mendirikan perusahaan start-up di Fukuoka

Kalau ternyata lewat 6 bulan gimana?

Oh iya, Kota Fukuoka menyediakan dukungan perorangan melalui Startup Café untuk membantu pengusaha asing dalam memenuhi prasyarat standar sehingga si pengusaha dapat memperbaharui visa Manajer Bisnisnya.

kompasiana.JPG
Kota Fukuoka di kala senja

 

Dokumen apa saja yang harus di submit?

  1. Aplikasi Konfirmasi Penerapan Bisnis Baru
  2. Rencana Implementasi Bisnis Baru
  3. Salinan paspor Anda (foto, nama, tanda tangan)
  4. Dokumentasi merinci tempat tinggal Anda selama enam bulan setelah tiba di Jepang (salinan kontrak sewa, atau aplikasi untuk kontrak sewa, dll.)

download dokumennya di sini

Apply-nya kemana?

  • Place: Fukuoka City Startup Café
    (Address: FUKUOKA growth next 1F, 2-6-11 Daimyo, Chuo-ku, Fukuoka)
  • Time: 10:00 A.M. to 9:00 P.M. ketika Fukuoka City Startup Café di buka

Mengajukan Surat Konfirmasi NBIP

sertifikatnya diberikan kepada mereka yang telah menerima konfirmasi untuk Rencana Implementasi Bisnis Baru-nya (NBIP). Setelah proses konfirmasi, Kota Fukuoka akan menghubungi pemohon pada informasi kontak yang diberikan pada aplikasinya. Silakan datang ke Balai Kota Fukuoka untuk menerima Surat Konfirmasi Anda.
Pemohon akan diminta untuk membeli perangko 300 yen.

 

Mengajukan permohonan Status Business Manager residential di Biro Imigrasi Fukuoka

Aplikan yang terpilih harus mengajukan Business Manager residential status di biro Imigrasi Fukuoka

di :Fukuoka Immigration Bureau, Status Department
Telephone: 092-717-5422

ya segitu dulu lah ya…

Referensi:

[1]http://www.city.fukuoka.lg.jp/data/open/cnt/3/53571/1/1_brochuer.pdf
[2] http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html
[3]http://www.city.fukuoka.lg.jp/keizai/r-support/business/startupviza_english.html

[4] http://saito-immigration-lawyer.com/bahasa-indonesia/keimigrasian/visa-manajer-bisnis/

[5] startupcafe.jp/english/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s