Maskapai Doktor

Apa rasanya dilarang keras melakukan hal yang  paling lu sukai dari orok oleh orang yang datang ke kehidupan lu dalam 5 tahun terakhir?

Kesel kan?

Pasti.

Gw sendiri udah ikut berbagai macam aktifitas organisasi sejak gw SD. kebayang gak rasanya ketika harus melepas semuanya di usia lu yang ke 26. Susah tau!

“Kamu sudah berjanji sama saya untuk tidak akan tergabung lagi dalam kegiatan Komunitas. Lalu sekarang kamu minta ijin sama saya untuk datang ke konferensi yang diadakan komunitas mu. Apa kamu lupa dengan janjimu?” ucap pak guru.

Sungguh, gw gak pernah nyangka maksud dari “being apart from that community” artinya gw bener bener gak boleh bersentuhan dengan kegiatan apapun. Gw cuma boleh mikirin riset gw. Gak boleh ada hal yang lain. Bener- bener literally gak boleh…  Gw tau tujuannya baik. Biar gw bisa wisuda segera. Tapi gw masih muda..  hingga akhirnya gw ngadu ke abang gw.  gw mewek dan gw bilang udah capek kuliah s3 di usia yang harusnya gw bisa ngelakuin banyak hal buat negara… sampai organisasi pun gak boleh lagi.

Dan lu baca deh apa nasihat dia:

Begini Dil, kamu memilih seni mengakhiri PhD seperti apa? BAHAGIA MENYEJARAH atau MENYESAL BERLARUT-LARUT?

Jika kamu ingin bahagia, ini seperti puncak fighting kamu dalam menempuh riset, ini titik terjenuh, namun sudah dipersiapkan oleh Allah hasil akhirnya jika kamu mampu melewati dengan sabar.

Kamu gak boleh kalah dengan bisikan buruk. Sekalipun datang dari diri kamu sendiri.

Jadi solusinya sekarang, aktifkan “airplane mode” dalam perjalanan menuju PhD. Kamu pilotnya. Kamu fokus dulu pada penerbangannya, meski banyak turbulensi yang akan menghadang perjalanan pesawat kamu.

Yang menentukan kamu sukses itu bukan manusia,

tapi sang pemilik langit yang harus kamu jadikan sahabat perjalanan

Tinggalkan dulu aktifitas bumi, meski itu sangat penting. Karena orang yang berada di pesawat tidak boleh melakukan banyak gerakan yang memicu terjadinya kecelakaan.

Dan kalau sudah lelah.

Belajarlah beristirahat.

Jangan Menyerah

 

terus gw jawab pesannya dia

Doain terus ya, ini nasihat ijul tadi bagus (gw gak pernah manggil abang gw dengan kata abang. selalu nama). Paling ntar lagi nih pesan masuk blog

dan… inilah cirikhas keluarga gw ketika di puji sesama anggota keluarga:

Yeah, kalau aku kan memang inspiring

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s