How to American: An Immigrant’s Guide to Disappointing Your Parents [review]

It was about hanging out with people who shared the same point of view because they had gone through the same experience – Jimy O yang-

Kalimat yang menandakan bahwa buku yang terbit pertama kali tanggal 13 Maret 2018 ini hampir 95% gw selesaikan. Seminggu yang lalu gw memutuskan untuk membeli buku ini di Amazon (kindle), karena ternyata harganya 2000 yen lebih murah daripada beli di google play books store. 

Kalimat tersebut mengitkan gw akan kenyataan yang gw alami saat ini. Instead hanging out with Indonesian pals gw lebih sering jalan sama temen-temen asing gw. Kenapa? karena ini bukan skin matter, tapi lebih ke persamaan perasaan. Kulit yang sama belum tentu menandakan bahwa kita fit dengan sekitar.

Awalnya gw gak punya ide who’s the heck Jimmy O Yang. Dan kenapa gw harus banget baca bukunya. Cuma ketika gw sedang sarapan pagi dan mencari hiburan untuk penyegar kepala sebelum berpikir keras, mampirlah gw di episode paling baru channel youtube Fung Bros. (well, gw ga punya TV di apartment, tapi access internet gak terbatas, dan gak tertarik buat beli TV). Di episode inilah gw tau sosok Jimmy O yang. Bener deh, biasa aja awalnya. Dan bahkan ketika dia di Hongkong, gak banyak yang kenal ama dia. Di video ini dia mempromosikan bukunya yang berjudul ” How to American: An Immigrant’s Guide to Disappointing Your Parents” .  Di sini gw mulai sedikit menyimak apa yang dia omongin. Gw jadi ingat sama sepupu-sepupu gw yang sekarang tinggal di Australia, dan gw ngeliat ada kisah yang sama dengan dia di sini.  Dan juga… gw sendiri pun sedang jadi “imigrant” walaupun di Asia juga.  Hingga akhirnya intuisi gw bawa gw untuk googling nih makhluk siapa. uu yeaah, and ternyata dia adalah salah satu karakter di TV series “SILICON VALLEY”.

Meskipun wajahnya terkesan ngeselin, karena ngingatin gw sama temen Thai gw yang sok pinter, gw memutuskan untuk ngebeli bukunya. Padahal di saat yang bersamaan gw sedang deadline-an dan gw lagi baca buku berat karya Pram. Hingga bukunya bagaikan basuhan jiwa buat gw yang sedang butuh hal-hal lucu untuk ditertawakan. Dia menang!. Ga sampai seminggu, buku berbahasa inggris ini gw lumat. Bahasa yang dia gunakan sangat gampang untuk dicerna bagi gw yang bahasa inggrisnya gak bagus-bagus amat. Dan di sisi lain, tulisannya buat gw bener-bener sedang ngeliatin dia ngomong dan cerita tentang kisah dia sebagai imigrant di Amerika.

Di bab awal dia bercerita tentang cara pandang orang tua asia.

In America, people always tell me :

“money can’t buy happiness. Do what you love”

In my chinese family, my dad always tells me:

“pursuing your dream is for losers. Doing what you love is how you become homeless.”

Screenshot_20180416-093302

Buku ini gak tebal, hanya 224 halaman (soft book). Di buku ini juga ada beberapa foto dia dan koleganya. Dari ceritanya dia, setidaknya gw tau bagaimana mindset umum para orangtua “Asia” dan gw ngeliat emang ada budaya yang gak jauh beda antara Tiongkok dan Indonesia (pada umumnya-red).  Di buku ini dia berusaha keras untuk gak jadi stereotipe orang Asia dan mencoba mendapatkan target-target yang dia inginkan. Buku ini sebenarnya buku “motivasi” terselubung yang dituliskan dengan gaya anak muda banget. Dan tentu saja karena latar belakangnya adalah komedian. Ini adalah karya yang bagus. Menurut gw. Karena gak perlu jor-joran nunjukin sisi baik lu. Malahan dengar nunjukin sisi brengsek lu bisa menimbulkan efek terbalik dari yang membaca. (it’s depend on your character tho.. kalau lu orang tertutup mah, ga bakal ngerti).

Kekurangan dari buku ini adalah alur ceritanya yang maju mundur. Gw jadi bingung kadang harus balik halaman untuk tau ini dia ceritain kisahnya ditahun berapa, atau nyeletuk eh bukannya akhirnya dia udah dapet bookingan.

Menurut gw, buku ini pantes dibaca buat para pemuda yang berusia 22-30 tahun. Yang masih bingung untuk ngelanjutin kehidupan di mana. Yang masih bingung ingin membangun karir di negara mana. Yang bersiap-siap untuk menjadi seorang imigran.

Screenshot_2018-04-21-11-45-07

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s