Catatan PhD #5 Seeker

Jangan pernah percaya perkataan orang lain meskipun terlihat meyakinkan, engkau harus buktikan itu sendiri. Itulah tabiat seorang researcher. – pak guru-

Researcher, peneliti, petualang atau the explorer atau apalah namanya mempunyai jalan hidup untuk menjadi seorang seeker. Pencari. Apa yang dicari? the truth. Hingga dalam sekian jauhnya perjalanan the truth itu akan sampai pada titik nol dan memaparkan kita pada suatu cahaya yang terpantul di depan cermin. *gila dil ngomong apa lu?

Sebagai seseorang yang telah menjadi berbagai macam murid dari berbagai jenis guru saya masihlah Dilla yang sama. Yang bandel tapi patuh. Yang kuat tapi rapuh. Yang percaya tapi tak percaya. Yang ceria tapi gloomy Paradoks. Namun bukankah itulah karakter seorang Gemini yang sebenarnya? Dalam rasi bintang Gemini digambarkan sebagai sosok kembar, bukan berarti dia sebenarnya bermuka dua. Namun sosok-sosok gemini adalah sosok-sosok paradoks. Hingga output yang dihasilkan oleh orang yang berada diputarannya adalah orang-orang moody. Mungkin kami adalah orang-orang yang mampu menunjukkan dua jenis emosi berlawanan dalam waktu bersamaan. *terus lu kenapa ngomong rasi bintang sih? don’t know why, but fakta paling menarik bagi saya adalah bahwa saya sangat bangga terlahir menjadi sosok GEMINI.  *ih dilla percaya zodiak. -_- taaeee (Kim taeeeee he) #apasih?

Untuk mendapatkan jiwa yang tenang, cobalah melihat ke dalam diri sendiri, Zen istilahnya. Yang secara gak langsung juga merupakan bagian dari nama saya. Zen berarti Inner peace  dalam kamus internasional (kalau dalam kamus keluarga saya, Zen adalah nama Bapak saya) haha.

Kamu tau? jangan-jangan bukan suatu kebetulan kamu ditakdirkan untuk hidup di Jepang -random talk sama orang di pesawat dalam penerbangan transit di Korea selatan

 

Calm-calm, blank your mind. lets check your oxyhemoglobin activity. , Like this (sambil mencontohkan)-Pak Guru

Alat tersebut daripada ditempelkan di prefrontal cortex saya, dia tempelkan ke dirinya sendiri, kala itu kami mencoba alat NIRS (Near Infrared spectroscopy) portable, karena kami curiga alatnya tidak berjalan sebagaimana semestinya.

Kamu tau? penelitian yang paling awal paling baik dilakukan pada dirimu sendiri, karena kamu tau perasaannya bagaimana menggunakan alat yang kamu gunakan kepada pasien, kamu tau bagaimana bentuk signalnya ketika kamu serius atau ketika kamu melakukan hal-hal tertentu. Maka cobakanlah pada dirimu sebelum mencobakan ke orang lain- pak Guru-

Dan begitulah kan cara berbagai obat ditemukan? ataupun alat-alat kedokteran hadir di dunia. Pun bila tidak dicobakan pada diri sendiri, dicobakan pada orang tersayang. Sebutlah penemuan penemuan dalam bidang EEG, ECG, X Ray, Penicilin, dan lainnya.

IMG_6381.JPG
Balon IDE in action, Peneliti (dentist)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s