Mentaiko dan Nihonjin.

>>suki na tabemono wa nan desu ka?

>Mentaiko! watashi wa mentaiko meccha suki desu.

>>*warau* yappa, anata wa nihonjin desu ne

Gw kadang curiga, apakah mentaiko adalah sejenis jengkol atau petai bagi orang Jepang, karena setiap gw berkata bahwa gw sangat suka sama mentaiko mereka selalu kaget seolah-olah jawaban saya diluar ekspektasi mereka. Mungkin bagi mereka pada umumnya orang asing akan menyebutkan makanan seperti Sushi, Sasimi, atau ramen. Dan mungkin gak banyak yang akan bilang bahwa dia tergila-gila dengan mentaiko.

Percakapan awal adalah percakapan ringan mengenai makanan kesukaan. Yap, saya sangat menyukai mentaiko. Sejenis telur ikan mentah dengan pengolahan khusus dan hanya bisa ditemukan di Jepang, paling banyak di Fukuoka. Terutama Karashi Mentaiko, hal ini hanya ada di Fukuoka, dan sesuai tebakanmu, memang makanan ini adalah makanan khas Fukuoka.

Mentaiko akan sangat nikmat bila dimakan dengan nasi. Terutama nasi yang asapnya masih mengepul. Plus minumnya teh hijau. Beh, surga dunia. Dan gak banyak turis yang mengetahui eksistensi mentaiko. Maka wajar saja ketika saya mengatakan makanan kesukaan tersebut, mereka mengatakan bahwa saya benar-benar kaya orang Jepang.

Mentaiko bisa dibilang makanan mewah (makanan murah gak cocok ama perut gw *dilempar pake piring). Kenapa? karena harganya yang gak murah. Ketika kamu memakan mentaiko, kamu akan merasakan sensasi pedas namun enak. Aduh gak bisa dideskripsiin karena emang punya cita rasa tersendiri.

Hal yang membuat gw makan mentaiko dengan segala bentuk turunannya karena gw amat sangat menyadari bahwa mentaiko sangat susah didapatkan di luar Jepang. Maka selama gw masih di sini, maka eksplorasi utama gw selain mencoba berbagai jenis kopi dan teh, gw juga eksplorasi berbagai makanan turunan mentaiko.

Sebenarnya merunut kebelakang, pada dasarnya sejak di Indonesia, sejak dari kecil dulu gw memang sangat menyukai telur ikan. Tapi telur ikan yang gw makan adalah telur ikan yang digoreng. Sedangkan Jepang memberikan sensasi makan telur ikan yang berbeda. Mentah, iya telur ikan mentah. Gak geli ada lendir-lendir? nah itu keunikannya… gak ada lendir dan bau amis ketika kamu memakan telur ikan mentah ini. Karena sudah diolah dengan cara khusus..

Kalau ke Jepang.. jangan cuma cari ramen, sushi, sashimi doang. karena kamu bisa dapatkan ini juga di negara lainnya (yang ada restoran Jepangnya). Kalau ke Jepang, cobalah mentaiko.. dan rasakan bagaimana menjadi orang Jepang yang sesungguhnya. hehe

DSC_0101.jpg
Mentaiko yang dilapisi tempura. (crunchy di luar, lembut di dalam = surga dunia)

Bukan sekali dua kali kalimat ini terdengar dari orang Jepang yang ditujukan ke gw.

Sudah saya duga, kamu orang Jepang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s