Catatan PhD #7 Ngoding

Pokoknya selepas skripsi ini selesai, gak akan ada cerita lagi gw ngoding-ngoding. Pokoknya habis wisuda gw mau buka puasa yang udah gw tahan selama 4 tahun ini. Gw bakal beli komik yang gw suka, main game yang gw tahan dan nonton segala film korea yang gw mau

Itu adalah cita-cita sederhana gw di tahun 2012 akhir ketika sibuk nyelesain skripsi. Karena gw tau betapa addiktifnya gw sama hal-hal yang gw suka, maka dari itu semua hal yang gw suka gw jauhin ketika gw resmi menyandang status mahasiswi Teknik Elektro. Ya gimana nggak, abang sepupu gw alumni mesin ITB di D.O karena hobbynya main game. Nyokap gw pernah ngamuk gara-gara gw diam-diam nonton Harry potter jam 5 pagi dengan estimasi nih film bisa selesai ditonton sebelum pergi sekolah. Alhasil baju sekolah gw basah karena di buang ke kolam ikan dan buku gw hancur dirusak sama nyokap yang muntab.

Tahun 2009, sebulan sebelum mulai kuliah, gw tinggal di rumah sepupu gw di Jakarta barat. Saat mengucapkan salam perpisahan, karena gw bakal balik ke sumatra untuk mulai kehidupan baru, abang sepupu gw menjabat tangan gw dengan kencang sambil berkata :

Kamu harus lulus 4 tahun!

Lalu gw jawab

Ya gak mungkinlah bang, susah. Aku kan anak teknik

lalu dia lanjutkan

Pokoknya harus!

Dan beneran.. 4 tahun kurang sebulan gw dapatkan gelar Sarjana Teknik.

Awal mula gw menyentuh dunia koding-mengoding adalah saat SMA. Di SMA gw saat itu kami punya mata pelajaran TIK. Saat itu ada lomba olimpiade komputer, dan gw terpilih untuk jadi murid yang dilatih untuk lomba tersebut setelah melalui seleksi sekolah. Saat itu program pertama yang gw gunakan adalah paskal. Ternyata takdir gw gak berhenti di sana, gw terpilih jadi wakil sekolah untuk lomba olimpiade komputer tersebut. Dan gw kalah. HAHAHAHAHAHAHA. (maafkeun). Cuma pada saat itu gw juga tidak pernah berpikir bahwa gw akan nyemplung ke dunia koding-kodingan ini. Karena cita-cita gw cuma satu. JADI ASTRONOT gak ada yang lain. Dulu waktu masih SMA entah kenapa tidak ada perasaan wah ketika program berhasil gw jalankan. Gak tau kenapa.

Namun semua berubah ketika gw akhirnya jadi mahasiswi elektro. Entah kenapa saat itu program C dari mata kuliah pemograman komputer yang berhasil gw jalankan bikin gw loncat-loncat di kamar asrama saking senengnya. Gw bahagia banget setiap program yang gw bikin jalan. Dan gak terasa gw pun akhirnya terpilih jadi asisten Lab komputer kampus setelah drama dari seleksi asisten lab telekomunikasi. (gw mundur dari seleksi lab telekomunikasi karena pada tahap wawancara waktu itu ada senior yang sombongnya nauzubilah dan gw gak suka. Di depan para senior gw berkata ” Saya memutuskan keluar dari seleksi ini” padahal itu drama muncul karena gw abis nonton film 3 idiot.) (tapi tetep, respek gw tinggi sama lab telekomunikasi. Karena asisten yang ada di lab ini biasanya IPKnya bagus dan cerdas (menurut gw ya).

Cukup bego sih, kalau jadi anak prodi Telekomunikas elektro tapi mengharapkan gak akan ada urusan sama koding-kodingan. Berkali-kali gw bilang gw udah malas ngoding semenjak bikin tugas besar kuliah mikroprosessor dan antarmuka. Gak taunya skripsi gw pun berakhir dengan ngoding-ngoding. Selepas skripsi pun gw berjanji gak akan ngoding-ngoding dan gw maunya menikmati hidup sambil baca komik-komik yang ketinggalan. Gak taunya gw tetap ngoding-ngoding sampai hari ini.

karena sebenarnya ngoding itu menyenangkan. Ada sensasi nikmat tersendiri ketika logika yang ada dikepala kita bisa diterjemahkan dan ditransfer dalam bentuk lain. Ngoding itu ibarat hmmm ya main game… gak bisa lepas kalau belum selesai. Tapi ya, orang yang lagi ngoding itu jangan diganggu. Bisa-bisa kalau lu datang dalam waktu yang gak tepat, lu bisa kena semprot.

Udah ah otak gw panas..abis mikir kodingan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s