Musik Enka

Dan wajahnya pun sangat serius sambil menyanyikan lagu dengan genre yang tidak pernah saya dengar. Satu hal yang saya yakini, ini bau -bau style musik jaman dulu. Namun saya tidak bisa bertahan lebih lama lagi. Tawa saya meledak. Kali ini tertawa dengan super terbahak-bahak, sampai air mata saya keluar dan perut saya sakit, untung ga sampe terkencing-kencing. Entah kapan terakhir kalinya saya tertawa selepas itu.

Pertama kali saya mendengar dia bernyanyi yaitu saat lab party tahun lalu (2017). Sebagai anak baru, saat melakukan piknik di bawah pohon sakura (Hanami), kami meminta dia untuk unjuk keahlian. Sebelumnya perlu saya kasih tau bahwa rekan lab saya ini berasal dari Kagoshima. Orang Jepang suka bikin joke bahwa Kagoshima punya bahasa sendiri, yang gak Jepang banget. Cuma orang Kagoshima yang ngerti bahasa Kagoshima.

Pa, pi, pu,pe,po punya makna sendiri di kagoshima, yang intinya adalah pertanyaan tentang makan. -Sho

Ya namanya Sho, garam. Lulusan sarjana di Kagoshima yang badannya tinggi (di atas rata-rata temen lab). Bahasa inggrisnya lumayan, punya rasa ingin tau tinggi terhadap sejarah, dan menyukai Enka. (orang Jepang suka game itu udah jadi basic character dasar, ibarat orang Indonesia yang pada umumnya suka makan nasi).

Enka adalah genre musik yang mendapatkan popularitasnya pada tahun 1950an, paska perang dunia ke dua. Ngomong -Ngomong tentang perang, saya waktu itu sempat bertanya

>Kamu tau, negara saya dijajah oleh siapa?

>> iya tau, waktu perang dunia ke dua kan…

>eh tumben bisa tau, biasanya kalau saya tanyain ke yang lain pada ga tau.

>> saya suka sejarah

>naruhodooo

Jadi Enka pada umumnya menceritakan tentang kisah cinta yang menyedihkan (misal cinta terlarang, cinta tak terbalas dll) . Dulu banget enkapun sempat sih dijadikan alat penyampaian pesan pandangan politik (speech) (tahun 1880an). Enka sebenarnya musik elegan, balladnya Jepang. Namun entah karena si Sho yang menyanyikannya, hal itu tertancap di benak saya, hingga mengakibatkan sesedih apapun arti lagu Enka yang dinyanyikan si Penyanyi, saya tetap akan tertawa terbahak-bahak, karena yang keingat adalah Sho. Seperti pepatah bijak mengatakan

Buatlah dia tertawa, maka engkau akan selalu diingat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s