Masa lalu dan masa depan

Apa yang hendak ditemui orang-orang yang menghilang lama lalu muncul kembali? Masa lalu adalah sebagian jawabannya

Kami berpelukan di depan stasiun Hakata. Matanya berair sedangkan aku menepuk pundaknya. “Jangan menangis”.

Siapa sangka setelah enam tahun kami tak bersua, setelah 4,5 tahun saya “menghilang” dari peredaran, akhirnya mulai muncullah sosok-sosok dari masa lalu.

Uni Mery adalah uni kami semua di elektro UNAND. Beliau yang mengospek kami dan beliau pulalah yang “mengasuh” adik-adiknya. Sosok uni yang telah lama tak ku jumpai, yang paling ku ingat adalah kehebatannya dia karena masuk dalam resimen mahasiswa. Beliau bukanlah tipikal senior yang merasa superior pada juniornya, oleh karena itu pulalah respek kami bertubi-tubi padanya.

Tak terasa setelah 6 tahun, tibalah jodoh kami dalam suatu pertemuan. Uni akhirnya diterima di elektro Kumamoto University, dan dalam rangka liburan golden week, beliau mengunjungi saya di Fukuoka. Enam tahun.. enam tahun kami berpisah tak bertemu namun masih acap berkabar, tak disangka pertemuan kami selanjutnya adalah di tanah matahari terbit. Layaknya kembali ke masa lalu, cerita-cerita dan nama-nama yang telah lama hilang dari ingatan saya muncul kembali kepermukaan. Ibarat pertemuan saya dengannya adalah perjalanan kembali ke masa lalu. Saya pun akhirnya tau gosip-gosip apa yang pernah ada terutama setelah saya meninggalkan Indonesia.

Hidup memang untuk ditertawakan, sahabat dilla berkata bahwa salah satu ciri kedewasaan adalah ketika kita sudah mampu menertawakan hal-hal pahit dan kesalahan di masa lalu. Di sini adalah masa-masa saya menintropeksi diri, mengenal diri sendiri. Makna sendiri dalam konotasi dan denotasi inilah yang saya hadapi beberapa tahun terakhir

Uni Mery yang datang dari masa lalu saya bertemu dengan saya dari masa depan persis di depan stasiun Hakata, kawasan stasiun tertua di pulau Kyushu. Bersamaan dengan itu uni Merry juga bertemu dengan rekan saya yang berasal dari Thai (ingat ini bukan rekan Thai dari lab sebelah yang saya sebut sok itu, yang ini adalah partner in crime (?) saya). Kami bertiga bersamaan dengan 3 juta orang di hari itu menonton festival Hakata Dontaku.

DSC_0047

 

Khai (Thai), Dilla (Kouhai), Uni Mery (Senpai), excluding ibu yang dibelakang , kita ga kenal

 

Apa itu Hakata Dontaku omatsuri? Hakata Dontaku adalah festival terbesar di pulau Kyushu yang selalu diadakan pada saat liburan golden week. Festival ini berupa  parade yang menampilkan berbagai kostum dari berbagai wilayah di Pulau Kyushu dan manca negara. Tentu saja tim negara kami, Indonesia- Thailand Juga turut berpartisipasi dalam festival ini. Kami bertiga hanya hadir sebagai penonton, bukan sebagai peserta festival. Kenapa? karena uni mery dari Kumamoto, sedangkan saya sedang sibuk riset dan memutuskan untuk tidak aktif dalam kegiatan apapun diluar riset

DSC_0070
Dilla ngapain di sana? ayo ikutan? -kata bu emi dari area parade

Kali ini gak seperti biasanya, tim Myanmar juga muncul di jalan, dan saya liat rekan lab saya Nyi-Nyi membawa spanduk negaranya. Luar biasa Myanmar sedang gencar-gencarnya untuk berbenah. Yap, Myanmar berusaha bergerak dari masa lalu ke masa depan, dari yang sebelumnya menjadi negara tertutup menjadi neara terbuka. Hal ini dibuktikan dengan semakin “tumpeh-tumpeh” nya mahasiswa dari Myanmar yang bersekolah di Jepang.

Kita bergerak dari masa lalu menuju masa depan untuk meng-upgrade diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Belajar sejauh mungkin, membuka wawasan untuk nama yang satu. Negara masing-masing. Pun saya, penulis bergerak untuk nama yang satu. Indonesia. Dan dalam perjalanan serta persinggahan, luka adalah petunjuk jalan, bahagia adalah bonus dan cita-cita adalah target.

Selamat golden week! dan hati hati GO Gatsu Byo!

 

salam!

Dilla_theexplorer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s