Catatan PhD #10 Kesehatan

Salad? wah sehat banget! – Kouhai

Kalau ada orang yang bertanya kepada saya, apa tujuan hidup saya saat ini? jawabnya adalah satu. Wisuda.

Hah wisuda? bukankah kamu sudah wisuda 2 kali dil? master dan sarjana.

Segala yang dimulai harus diakhiri dengan tuntas, untuk menutup perjalanan akademis tanpa henti mulai dari play group (batita, sekalian daycare (jaman itu namanya beda)) hingga inilah tahap akhirnya. Kalau diitung-itung telah  24 tahun perjalanan akademis formal telah tanpa henti (saya TK dari umur 4 tahun). Akankah perjalanan setahun kedepan adalah perjalanan akhir? Mungkin? Bisa saja saya banting stir nantinya melanjutkan kuliah kedokteran, jurnalistik ataupun ilmu politik, gak ada yang gak mungkin atas nama mungkin dan berkhayal. Namun atas nama impian kongkrit, target kongkrit, tampaknya wisuda di bidang Biomedical Engineering inilah yang paling wajib. Ibaratnya inilah tiket saya untuk masuk ke dunia nyata. Mulai dari urusan kerja sampai pernikahan. (I have to admit it). Bahwa saya gak boleh diganggu sama sekali dengan urusan sampingan lainnya kecuali yang bisa mempercepat jalan menuju wisuda. Bahkan dari 2014 lalu password sosmed yang sudah mati adalah wisuda. ha ha ha ha. Bangun tidur hingga tidur lagi mikirnya cuma satu riset riset riset, tahun lalu fokus saya sempat bergeser, hingga segala hal kacau. Instead riset riset riset yang terjadi adalah mikirin dia dia dia.  (again I have to admit it).

Sungguh besar pelajaran yang saya dapatkan di tahun 2016-2017. Pada tahun tersebutlah saya dikenalkan bahwa hidup itu brengsek, dan tertawalah pada hidup karena hidup memang layaknya untuk ditertawakan, dan duniapun akan tertawa bersamamu. Menangis? jangan harap dunia akan menangis bersamamu. Maka tertawalah. Kau akan tertawa bersama, namun menangis, nikmati saja sendiri.

Mempelajari pola emosi dan energi yang terjadi tahun lalu, akhirnya saya mendapatkan keputusan bahwa pola hidup memang dapat mempengaruhi emosi. Yang bikin hari-hari kita menjadi baik dalam seharian adalah tergantung kapan kita bangun. Mungkin banyak yang tidak percaya bahwa bangun pagi sangat berpengaruh pada mood kita seharian. Namun saya yang telah hidup 26 tahun di muka bumi ini merasakan perbedaannya. Saya bukan tipikal orang yang bisa tidur lama. Waktu tidur saya adalah 6-7 jam, dan hanya mampu terlelap pada saat malam hari. Bila hari sudah siang, dan saya paksakan untuk tidur maka saya akan sakit kepala plus BT seharian. Hal ini dibuktikan pada tahun lalu, pola hidup dan fokus hidup yang pecah serta aut-autan membuat emosi saya benar-benar seperti kereta di roller coaster, muter ke atas muter ke bawah. Pulang dari lab jam 12 malam lalu mulai tidur jam 2 pagi, lalu bangun jam 4/5 lalu solat lalu tidur lagi dan beraktifitas jam 9-10 siang. Manusia mungkin bisa saja gak makan dan gak tidur dalam waktu 24 jam-48 jam. Namun bila manusia tidak tidur, maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan masalah dalam range yang sama (24 -48 jam). Manusia pada dasarnya bukan makhluk nocturnal!

Maka dari itu, pada akhirnya saya melepaskan kebiasaan ancur dan sok-sok an pada diri sendiri itu. Mulai lah saya MENGUSAHAKAN tidur sebelum jam 1 malam . Pulang dari lab paling lama jam 10 malam. Ditambah setiap harinya memakan salad. Oh iya, ditambah satu hal, jalan kaki! (alis bergerak sebanyak-banyaknya di siang hari, sebagai ganti olahraga).

menurut saya perkara sehat  bukanlah perkara fisik saja. Namun batin. Sehat lahir batin itu sangat penting, dan inilah bekal penting untuk pejuang kandidat PhD muda nan single. Mungkin kita dikatakan terlalu muda untuk ukuran penyandang gelar doktor, tapi kita dikatakan tua untuk dikatakan sebagai mahasiswa sarjana. Ya terlepas dari itu semua, gelar hanyalah sandangan dalam dunia akademik. Dalam kehidupan nyata kita adalah orang-orang muda alias pemuda Indonesia yang wajib menjaga kesehatan baik batin ataupun lahir agar keputusan dan perbuatan yang diambil tidak banyak merugikan orang lain… dan diri sendiri

bukunya enak dibaca
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s