Catatan PhD #14 Stuck

Suatu hal yang sangat baik kamu pindah ke rumah sakit. Karena tahun lalu rasanya sangat sulit. Untuk menjalani preliminary eksperimen, saya harus menahan sakit, karena temen saya yang saya mintai tolong untuk jadi bahan percobaan atitudenya sangatlah tidak menyenangkan. Terimakasih sudah pindah.

Sama halnya dengan mahasiswa kedokteran yang membutuhkan “pasien” untuk penelitian mereka. Bidang saya pun begitu. Bila kalian pernah dengar bahwa anak-anak kesehatan kadang terpaksa harus modus sama orang agar orang tersebut mau jadi pasiennya, walaupun sebenarnya mereka gak suka sama orang tersebut. mereka tetap harus melakukannya demi wisuda. Tapi gak semuanya sih kaya gitu. Cerita modus terus ngilang ini saya dapatkan dari teman saya yang seorang dokter gigi. Modus terus ngilang kayanya gak pernah ada di kasus saya.

Berbicara tentang tahun akhir, kata libur bukanlah hal yang berpengaruh dalam kehidupan saya. Kayanya yang paling dekat adalah istilah stuck dibandingkan dengan tanggal merah. Nah Kalau udah stuck barulah liburan. Nah bisa dibilang, saat ini saya sedang stuck. Maka liburan saya ya ini, menulis. atau kalau gak kencan 

Hari ini bahkan dua tulisan sudah saya trebitkan di kaskus plus juga akun soundloud baru dari BGMD PPI DUNIA. Saya bikin akun ini karena akan ada new project dari tim BGMD yaitu buat podcast the series tentang guru Indonesia yang terpilih untuk diberangkatkan ke luar negeri. Gils produktif banget lu dil. 

Selain menulis dan membuat karya-karya yang ga berhubungan dengan riset. Seperti yang saya sebutkan, saya suka jalan. Baik itu sendiri ataupun dengan orang lain. Mungkin karena emang sudah bagian dari watak, bahwa saya gak bisa kalau gak ngobrol dengan orang lain dan berbagi pengalaman tentang hidup.

Percayalah bahwa itu adalah teh. Rasanya manis, dominan seperti lemon. Rasa tehnya bener-bener ilang, tapi namanya tetep premium morning tea

Beberapa tahun yang lalu, di Jepang ini saya adalah adik dari semua orang. Dan sekarang posisinya berganti. Posisi saya saat ini adalah seorang kakak. Sebagai kakak yang mencoba jadi kakak yang bener (karena jadi orang baik susah) maka saya mencoba untuk mendengarkan keluh kesah adik-adik saya.

Suara angin pelabuhan meniup rambutnya, riak-riak air menampar pelabuhan. Kami duduk menatap cakrawala yang berbenturan dengan laut.

Keluarga saya jauuuh sekali di sana, di Indonesia – Ucap saya sambil merentangkan tangan seolah menyentuh langit.

Tahun lalu amatlah sangat berat buat saya. Saya tidak pernah mendapatkan masalah sebesar itu. Dan ini adalah markas saya merenung. Hidup kamu berat sekali kah? – ucap saya kepada kouhai

?>> gak juga kok biasa aja. -jawabnya

Orang yang biasanya selalu mencoba menghibur orang lain, sangat tenang dan sangat bijak serta dewasa biasanya adalah orang-orang yang telah melewati berbagai kesulitan hidup. Sehingga dia lebih paham orang lain

Ujar saya pada adik saya itu. Adik saya itu merupakan ayah bagi kami semua di sini. Dia selalu ada dan bertindak sebagai pencari solusi atas masalah yang dihadapi oleh rekan- rekan sebayanya. Ya ataupun kalau gak jadi pencari solusi, dia adalah pendengar yang baik. Bagaimana saya bisa tau? Seorang senpai selalu tentang tau adik-adiknya. Selayaknya sensei yang diam-diam tau segala masalah anak-anaknya.

Hmm.. ya saya begini mungkin semenjak orang tua saya bercerai saat itu, nenek saya berpesan pada saya bahwa saya adalah seorang ayah bagi keluarga saya. Bayangkan saya mendapatkan amanah seperti itu saat saya masih TK. Gila masih TK lo.. ya jadilah saya begini.

Saya terdiam, angin semakin kencang. Hari semakin sore. Dan kami putuskan untuk tidak melanjutkan riset pada malam harinya. Kenapa?

karena dalam kebuntuan, ada masanya kita harus beristirahat. Tak ada yang bagus bila dipaksakan.

Nah para pejuang PhD, jangan lupa istirahat ya! dan selalulah berkomunikasi dengan orang -orang yang menyayangi dan kalian sayangi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s