Catatan PhD #21 Bedak

Wah hari ini Dilla jadi kaya cewek! Liat liat, dilla cantik ya hari ini

Begitulah Kae si anak iseng berkata ke teman-teman lab. Saya yang datang ke kampus dengan penampilan urakan, kali itu memutuskan untuk sedikit bedakan. Kebetulan emang mood ke-wanitaan lagi muncul dan juga waktu juga ada. Demi menghilangkan rasa awkward saya alihkan pembicaraan sambil berkata

Wah ini majalah siapa? bagus nih

Yang jelas bikin momen jadi krik krik

Malam ini, di lebaran yang kedua awalnya saya meniatkan untuk menghabiskan waktu di Lab. Menyelesaikan target riset. Namun sayang, saya bangun siang. Alhasil saya tidak ke lab sama sekali. Berhubung udara bagus, saya memutuskan keluar rumah jam setengah sembilan malam, menuju mall belakang rumah.

Kebetulan Bedak saya lagi habis. Maka target saya saat itu adalah mencari bedak. Biasanya saya menggunakan produk Maybelline, kali ini pun saya juga tetap mencari brand produk yang sama. Namun ternyata setelah melakukan beberapa kali pencarian, bedak dalam jenis tabur ini tidak saya temukan. Hingga ketika saya tanyakan kepada petugasnya, dia bilang bahwa produk yang saya pake itu sudah tidak terbit lagi. wadaaw

Kemudian ada produk Jepang yang bikin saya tertarik, namun saya tidak tau apakah produknya cocok untuk saya yang gelap ini. Saya yang bego dalam urusan kulit ini akhirnya menanyakan produk unggulan yang cocok untuk kulit saya yang kelam ini.
saya : produk yang cocok untuk kulit kelam kaya saya ini apa ya?
mbaknya : kulit kuning?
saya: Kulit kelam. *sambil nunjuk muka sendiri
Mbaknya : oh kulit kuning *kekeh
saya: *mayan juga kalau kulit gw diangggap kuning*

Pelayanan di Jepang emang maksimal. Setau saya mereka selalu berusaha jujur dalam melayani pelanggannya. Terutama pelanggan buta kaya saya. Alih alih menunjukkan produk termahal, dia membantu saya memilih bedak. Inilah enaknya hangout sendirian. Jadi teman seperjalanan gak akan tau seberapa begonya kamu dalam hal urusan “wanita”.

Kami berjalan dari satu stan ke stan lainnya. Saya nyeletuk, tentang usaha untuk cari bedak buat kulit saya.

saya : sayang banget kulit saya gelap

Kemudian mbaknya berkata

mbaknya : ya mau gimana lagi shikatanai. Emang udah dari ras kamunya kaya gitu. Orang Jepang memang kulitnya putih-putih, makanya produk yang dijual untuk kulit-kulit orang Jepang.

Saya hanya bisa cengar cengir diingatin kaya gitu.

Iya ya, mau semirip apapun gaya dan cara pikir saya sama orang Jepang, tetap aja kulit saya ini kulit orang Indonesia asli. 

Mbaknya dan saya melakukan tanya jawab, Dan seperti biasa, orang Jepang ini pada kaget-kaget tentang saya yang buta hal tentang kosmetik dan perawatan kulit.

mbaknya : Bedak ini cocok sama kulit kamu. *sambil menunjukkan produk Revlon

saya: Ada SPF nya gak *padahal gak ngerti apa apa tentang SPF

mbaknya : wah yang ini gak tertulis, cuma pada umumnya bedak kaya gini SPF nya 10. *terus nunjukiin yang lain. Nah yang ini juga cocok ama kulit kamu. Gak terlalu keliatan belangnya. SPFnya 20

saya: yaudah saya ambil ini

mbaknya: eh tapi di saat summer kaya gini beneran gak papa pake SPF 20?

Saya: EH? *mulai ketauan bego gak ngerti SPF.

mbaknya : Untuk musim panas, biasanya pake bedak yang kandungan SPF nya 30 ke atas. *kemudian cariin bedak yang lain ke saya.

Ujung-ujungnya berakhir kembali ke produk Maybelline. Dengan seri yang biasa saya pake tapi dalam wujud cake, bukan tabur. Mbaknya emang ramah banget, bantu saya ngetes bedaknya sambil makein ke muka saya. Terus mbaknya mulai kepo.

mbaknya : Kamu udah berapa lama di Jepang? Bahasa Jepangnya jago

saya: Udah 5 tahun.  Saya pelajar*mengakui bahwa bahasa Jepang saya masih bego untuk ukuran yang udah tinggal 5 tahun

Mbaknya : Wah, di sini dari S1 tahun pertama?

saya: bukan saya di sini dari master. Sekarang saya PhD.

Mbaknya : *matanya berbinar-binar. Wah master…. Emang umur kamu berapa?

Saya: Saya 27 tahun

Mbaknya : ya ampun gak keliatan kaya 27 tahun…..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s