catatan PhD #23 Nasi Kare

“Kak dilla pernah makan nasi kare Jepang?”

Tanya sepupu saya sewaktu saya pulang dua tahun lalu.

“gak pernah, kakak gak tau itu halal atau gak”

“ih cobalah kak, enak tau. terkenal enaknya”

begitulah, sebenarnya saya gak suka kare, curry, gulai atau semacamnya. Saya sukanya gorengan.  

Setahun lalu setelah melakukan eksperimen dengan subject saya di sekolah khusus anak disabilitas. Kemudian professor saya mengajak saya makan di rumah makan yang semua staffnya adalah orang-orang berkebutuhan khusus. Lokasi dari area tersebut tidak jauh dari area Fukuoka University. Restoran tersebut merupakan restoran kare Jepang. Ketika saya makan nasi kare tersebut, betapa kagetnya saya bahwa nasi kare tersebut 99persen seperti kalio (rendang yang belum jadi, masih dalam bentuk seperti gulai).

Entah kenapa saya baru ngeh bahwa mahasiwa Jepang sangat menyukai nasi kare. Padahal sudah sekian lama saya di sini. Tapi mungkin karena beberapa tahun lalu saya lebih mengabdikan diri ke PPI daripada main sama anak-anak lokal, maka baru sekarang saya menyelam lebih dalam lagi ke dunia anak-anak Jepang yang sesungguhnya.

Saya gak pernah kepikiran bahwa masak nasi kare itu sangat amat gampang. Hampir mirip kaya masak sup ayam namun ditambahkan bumbu kare.

Apa sih yang membedakan nasi kare Jepang dengan kare atau curry atau gulai pada umumnya? Kare Jepang ada tambahan tepung dalam ingridient nya. Dan yang paling pasti gak pedas (kalau beneran mau masak ala orang Jepang).  Ya mirip banget dengan kalio lah. Kalau kalian yang di Indonesia penasaran banget, ya pergi aja ke restoran padang terus pesan deh. Sama banget. Kalau mau dibanding-bandingin, rasa nasi kare Jepang emang lebih dekat ke rasa masakan kare Indonesia daripada kare India.

Bumbu Kare rice Jepang. Halal cyin

Berasa ada yang kurang gak sih dari foto itu? yap Nasi kare kurang lengkap tanpa NASI!!.

Penasaran gimana cara masaknya?

Cara masak nasi kare. Di sini saya masak Nasi Kare Ayam ya!

  1. Rebus ayam plus kulitnya(biar bisa dapat kaldu ayam) selama beberapa menit (saya mah pake feeling aja). Misalnya kamu punya 1 kg ayam, nah rebus 300 gramnya untuk dapatkan kaldunya.
  2. disaat lagi rebus ayam, potong-potong bahan lainnya. Bahan lainnya apa saja kah? basic nasi kare biasanya terdiri dari kentang, wortel, bawang bombay, kemudian dedagingan. Kalau saya sih makenya ayam. Plus minyak goreng (gak perlu pake bawang putih, tapi kalau mau nambahin bawang putih juga boleh, biar ayamnya gak hampa rasanya, asiik hampa)
  3. Potong-potong bahan yang bisa dipotong tersebut sebesar satu ruas jari. Ingat jangan jarimu yang di potong. eh tapi buat bawang bombay potong sesuai ruasnya bawang tersebut yak!
  4. Panaskan minyak goreng.
  5. Masukkan ayam yang udah dipotong potong. (bukan yang direbus)
  6. setelah ayamnya agak kecoklatan, masukkan bawang bombay yang udah dipotong tadi, tunggu sampai layu
  7. setelah layu, kemudian masukin kentang. setelah 5 menit
  8. masukkan wortel (soalnya kayanya kalau masukin wortel duluan, bakal benyek wortelnya nanti)
  9. masukkan kaldu ayam (oh iya pas rebus kaldu ayam,  air hasil rebusannya nya sekitar satu mangkok ya)
  10. tunggu beberapa saat, kemudian icip -icip. kalau dirasa udah gurih jangan dimakan. Karena belum selesai. kita harus masukkin 4 block bumbu kare yang saya tampilkan di foto diatas. di sini saya make bumbu dari golden curry. (karena udah bumbu instan, kita gak perlu nambahin tepung lagi.)
  11. setelah block curry dimasukkin, aduk aduk dan tunggu mendidih.
  12. jadi deh

catatan : usahakan karenya jadi kental. kuncinya gimana biar kental? jangan kebanyakan masukin air. Oh ya jangan lupa baca doa sebelum makan.

 

Itadakimasu!!

Paling enak makan nasi kare sambil nonton travel food
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s