Catatan PhD #29 Lisensi Matlab

halo pembaca, bulan Juli ini saya cukup jarang untuk mengupdate isi blog ini. harap maklum, Makin ke sini jadwal penelitian saya makin padat. Ada banyak hal yang ingin disampaikan namun ketika sampai di rumah tubuh udah terlalu capek hingga akhirnya tak tertuliskan.

Beberapa waktu yang lalu saya mengupdate kembali lisensi MATLAB versi student yang saya punya. Untuk kalian yang belum tau, Matlab memang bukanlah sebuah “wadah program” yang gratis, namun berbayar. Harganya pun gak murah. Apalagi kalau kita beli bukan dengan lisensi mahasiswa.

Tenang aja dil, kan bisa download bajakannya

Saya memahami perkara HAKI, Sebuah kreatifitas. Semenjak berada di Jepang, semua program yang saya punya adalah original. Ya ngapain juga dapat beasiswa kalau duitnya gak dipake buat hal-hal berbau akademik. Duit beasiswa kalau dipake buat beli beli hal diluar akademik sementara buat hal akademik makenya program bajakan bukannya itu sama dengan nyeleweng?

Sebenarnya di Lab kita memiliki lisensei Matlab sendiri. Cuma menurut saya lisensi ini tidak fleksibel, Saya harus datang ke lab untuk running program saya, dan sebelum saya membeli lisensi matlab saya sendiri, Matlab yang dibeli lab tidak memiliki toolbox yang saya inginkan. Nah semenjak itulah saya mempunyai lisensi student matlab sendiri. Berapakah harganya? Harganya sekitar 8000 yen atau kurang dari sejuta rupiah. Menurut saya harga tersebut tidaklah mahal bila dibandingkan dengan uang beasiswa yang saat itu saya terima.

Selang beberapa tahun (Juli, 2018) kemudian Lisensi yang saya punya meminta untuk melakukan update pembayaran apa bila saya ingin mendownload Matlab versi terbaru. Awalnya saya tidak membutuhkan lisensi terbaru tersebut. Namun ternyata ketika saya mengembangkan program analisis data riset saya, ada satu feature yang saya butuhkan dan hal itu telah tersedia di Matlab 2018. Akhirnya saya perbarui kembali lisensi Matlab saya.

Matlab dan lisensi

Namun ada hal yang saya tidak ketahui, dan menurut saya aga sedikit curang. Ternyata meskipun  kita mengupdate lisensi dan meng-upgrade matlab yang kita punya. Feature-feature berbayar yang kita punya di Matlab versi sebelumnya tidak dapat dipakai lagi di Matlab terbaru, kecuali kita turut mengupgrade kembali feature-feature tersebut. Yang artinya adalah keluar duit lagi!

Jadi buat kalian yang mau mengupgrade feature matlab kalian, coba diperhatikan baik baik feature-feature lama apa yang harus ikutan di upgrade. Dan seberapa pentingnya untuk mengupgrade  Matlab ke versi terbaru.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s