Catatan PhD #31 kapan wisuda?

Banyak yang terjadi di bulan Agustus, tentu saja hal yang terjadi masih berkisaran tentang kegiatan gw di masa kuliah S3 ini. Teman-teman seperjalanan gw mulai menuntaskan amanah mereka masing-masing. Mulai dari Yuk Sendy, hingga Fitri. Mereka berdua adalah manusia Indonesia yang meraih gelar doktor di bidangnya masing-masing di Usia kurang dari 29 tahun.

Akhirnya Roommate tahun 2013-2014 meraih gelar doktornya (Tambang). Yuk Sendy, Orang yang jasanya banyak di awal kehidupan gw di Jepang
Neng Fitri pun telah menyelesaikan program S3 nya, tepatnya di usia dia yang ke 27 Tahun. (Bioteknologi)

 

Dan gue sendiri bagaimana? sebagai makhluk yang sudah lama beredar di langit Jepang dan belum juga balik-balik ke Indonesia. Selesainya mereka, memberikan preassure yang lebih besar ke gw. Karena banyak yang berpikir gw datang dengan program yang sama dengan mereka. Padahal pada Faktanya Kuliah gw resmi dimulai pada tahun 2014 *sebelumnya gw melakukan kegiatan riset student. jadilah kini pertanyaan

Dilla kapan wisuda?

Mulai menghantui telinga gw. Bener-bener gak cukup emang, dengan bertanya

Dilla instagramnya kemana? kok lama gak ngilang?

Sampe gw mikir, apa perlu gw jadiin kartu pelajar gw sebagai profile picture? berasa jadi kaya anak s1 lagi yang diburu-buruin ditanyain kapan kelar skripsi. Padahal ini gw udah bukan anak s1 atau s2 lagi loh.. Mungkin kalian yang pernah ngerasain kuliah s1 dan lagi sibuk-sibuknya skripsi, paham perasaan yang gw rasain. Dan bayangin ini adalah “skripsi” ke 3 gw. Ya logikanya sih gw harusnya lebih tahan dengan pertanyaan-pertanyaan ini karena ini bukan pertama kalinya nyekripsi. Mungkin juga ini adalah pemacu semangat gw untuk lulus kuliah tepat waktu seperi sebelum-sebelumnya. Percayalah pals! I am doing my best to graduate soon. Walaupun pada umumnya orang-orang dibidang gw pada extend gw berusahan untuk gak extend dan mulai geriliya untuk submit paper gw di bulan september (doain lancar).

Pertanyaan terakhirnya adalah, apa yang bakal gw lakuin setelah ini semua selesai? Orang punya ekspektasi banyak untuk gw. Mulai dari apakah gw akan langsung nikah, atau akan kah gw jadi pegawai kantoran, atau gw mau ngapain?

Well sebelum gw jawab itu semua, biarkan gw untuk fokus nyelesain apa yang telah gw mulai dalam kurun waktu 5 tahun ini. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s