Eyetracking bernama eyetribe

Yo! Pembaca. Masih dalam perjalanan dunia PhD gw dibidang biomedical engineering. Kali ini gw mau ngebahas tentang suatu alat eyetracking yang bernama Eyetribe.

Oh pertama kali denger kata eyetracking? Maksud dari eyetracking adalah men”tracking” pergerakan mata mu. Baik itu tracking kemana arah kamu melihat, kecepetan pergerakan matamu, ataupun perubahan besar pupil matamu. Ada berbagai cara untuk melakukan eyetracking. Baik itu dengan penggunaan video kamera ataupun menggunakan alat yang memanfaatkan inframerah. Nah, si eyetribe ini menggunakan cara kerja yang terakhir.

foto nyomot dari web resminya

Eyetribe selain merupakan nama alat juga merupakan nama perusahaan start-upnya (sekarang udah ditutup karena di akuisisi oleh Facebook). Eyetribe menjadi sangat menggiurkam dikalangan researcher karena harganya yahg sangat murah… Kurang dari 4 juta rupiah (masih mahalan harga hape). Padahal untuk eyetracking pada umumnya harganya adalah puluhan juta. Ya namun tentu saja ada harga ada kualitas. Banyak peneliti yang mempertanyakan kelayakan eyetribe dalam melakukan eyetracking. Ya saya termasuk di dalamnya. Frekuensi sampling maksimum dari eyetribe ini hanyalah 60 Hz. Bila ingin bandingkan dengan rekan sekategorinya, Eyelink, frekuensi samplingnya adalah 1000Hz.

Permasalahan fs bukanlah perkara besar selama kita bisa melakukan upsampling ataupun interpolasi. Namun permasalahan terbesar dari eyetribe yang membuat gw sangat tidak merekomendasikannya untuk eksperimen dengan durasi diatas 10 second adalah karena adanya signal yang hilang.

Hal ini pun juga tak cukup jika hanya diselesaikan dengan upsampling atau interpolasi, dikarenakan jumlah data yang hilang sangat random atau tak dapat di duga. Sehingga saya tidak menyarankan buat rekan peneliti untuk menggunakan alat ini pada jenis experiment yang membutuhkan data dengan akurasi tinggi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s