Catatan PhD #34 Mengenang

Saat ini di kamarku semua kertas berserakan. Laptop hampir 24 jam hidup, AC mendinginkan ruangan, keinginan untuk istirahat tergantikan dengan kalimat “wisuda!, Selesaikan segera!” menggaung-gaung ditelinga, membuatku menunda waktu untuk terlelap. Waktuku hanya seminggu untuk mendapatkan evaluasi apakah aku berhak untuk mensubmit karya ku ke dalam sebuah jurnal yang kedepannya menentukan apakah aku mampu memecahkan rekor untuk diriku sendiri dan lab mengenai lulus tepat waktu. Tepatnya mahasiswa Asean yang berhasil lulus dalam waktu 5 tahun di program phd 5 tahun ini.

Semua alat komunikasi ku matikan, hanya laptop yang menyala. Tablet ataupun handphone semuanya mati.. aku tak ingin ada hal apapun yang menganggu pikiranku. Aku mengisolasi diri di dalam kamar dan keluar hanya untuk membeli minuman di vending machine atau sekedar mampir ke supermarket dekat rumah. Momen ini.. momen inilah yang mengantarkanku kembali pada momen skripsi S1 ku. Suatu momen ketika aku mengisolasi diri untuk menyelesaikan kuliahku yang akhirnya sesuai target, kurang dari 4 tahun.  Semua kenangan itu kembali membanjiri otak ku. Hanya saja waktu itu aku melakukan duet maut dengan ibuku. Di mana ibuku berjuang untuk disertasi doktornya dan aku berjuang untuk skripsi ku.

Kertas-kertas yang berserakan ini mengingatkanku momen itu.. momen ketika berjuang skripsi di Indonesia. Kenangan ketika master memang tak banyak. Karena menurutku program master memang tidak ada tantangan. Hanyalah sebuah masa transisi dari kuliah s1 hingga menjadi manusia dengan gelar kandidat PhD.  Ah iya, masa master adalah masa dimana aku bertualang untuk mendapatkan beasiswa. Sedangkan kini, adalah masa yang sebenarnya aku menyelesaikan tanggung jawabku sebagai seorang murid dan sebagai seorang anak.

Enam bulan lagi, apapun yang terjadi, aku akan terus berjuang sampai titik darah penghabisan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s