aku gak mau jadi Annelies di bumi manusia.

Pada hari ke-sebelas bulan september, akhirnya novel bumi manusia (the earth of mankind) karya Pramoedya Ananta Toer ku selesaikan. Aku membaca novel ini dalam versi bahasa inggris. Mungkin Karena itulah butuh waktu lama untuk ku agar dapat benar-benar menyelesaikan novel ini.

Sebelumnya aku pun pernah membahas novel ini di postingan lalu.  

Novel yang menceritakan tentang Indonesia di jaman baheulak ini memang memicu emosi dan pikir. Situasi digambarkan dengan suasana Indonesia ketika masih dalam genganggaman Belanda. Ada beberapa tokoh yang diceritakan di dalam novel ini, namun entah mengapa kesan bossy dari Nyai Ontosoroh dan kesan manusia super lemah Annelies dalam novel ini cukup membuatku gerah. Ada bulir-bulir emosiku yang terusik, terutama pada karakter Annelies di seri the buru quartet yang pertama ini.

Dalam novel the earth of mankind ini, Annelies digambarkan bagai seorang boneka yang hanya mengikuti kehendak ibunya. Dan sekalinya tertarik pada seorang lelaki, yaitu Minke, dia menjadi sosok wanita yang seakan tak mampu hidup tanpa lelaki tersebut. Mungkin tak terlalu mengherankan kenapa sosok seperti Annelies ini tercipta. Dia yang cantik terkukung di rumah dan tidak memiliki pergaulan yang luas. Bila aku diberi takdir mempunyai karakter seperti Annelies, aku tentu akan menolaknya secara mentah- mentah.

Namun ternyata plot twist terjadi di halaman terakhir buku, di mana pada akhirnya kisah nyai Ontosoroh yang pergi dari rumah selamanya, juga terjadi pada Annelies.

Dengan kejadian ini, akankah karakter Annelies berubah?  Mari kita tunggu saja reviewnya setelah membaca novel selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s