who am I?

Terlahir di kota kecil bernama Bengkulu, membuat perjuangan Fadilla Zennifa atau kerap disapa sebagai Dilla untuk duduk di bangku kuliah di kota besar tidak mulus. Selepas SMA di Bengkulu, perantauan menuju kota besar yang di singgahi adalah kota Padang. Menjadi perwakilan sekolah dalam jalur PMDK membuat Dilla memiliki tanggung jawab besar menjaga nama baik sekolah.

Memiliki mimpi untuk menjadi masyarakat Internasional, membuat Dilla menggabungkan diri ke berbagai kegiatan baik itu di dalam dan di luar kampus. Tahun pertama di bangku kuliah, menjadi ketua lantai asrama hijau dan tergabung dalam Asosiasi Mahasiswa Asrama Universitas Andalas di bidang minat dan bakat merupakan pintu gerbang awal Dilla dalam melangkah di dunia organisasi kampus. Mengikuti training siaga bencana Dompet Dhuafa Singgalang, di Sumatra Barat menjadi titik awal Dilla mengikuti aktivitas Volunteer. Dikarenakan tidak menyukai LES maka untuk memaksa diri berpikir, dilla mengikuti seleksi dan menjadi salah satu perwakilan Kampus UNAND dalam Model United Nations yang diadakan di beberapa provinsi. Banyaknya aktivitas kuliah dan organisasi yang diikuti, serta tragedi berdebat dengan salah satu dosen, mengakibatkan IP pada semester 3 menjadi 1,8. Hal itu menjadi titik balik seorang dilla untuk memanajemen waktu. Hingga pada akhirnya, alumni mahasiswi Jurusan Teknik Elektro Universtitas Andalas ini,  membuktikan hasil kelola manajemen waktunya sukses dengan menjadi lulusan tercepat di angkatannya dengan IPK di atas 3.00.

Sebulan setelah wisuda, Dilla menjalani petualangan di Jepang sebagai research student  di Laboratorium Neuroinformatic dan Neuroimaging, Universitas Kyushu. Kedatangan ke Jepang, tanpa mendapatkan bantuan Finansial  membuat Dilla harus berpikir bagaimana untuk tetap berjuang dalam mengejar mimpi serta mengangkat nama baik Kota kelahiran yang sering dipandang sebelah mata. Hingga ketika menempuh program ini, Dilla menjadi research assisten di International carbon neutral energy (I2CNER) Kyushu University.

Saat resmi menjadi Mahasiswa paska sarjana di Kyushu University, Dilla menjadi awardee beasiswa Asahi Glass Company untuk periode 2014-2016, kemudian dilanjutkan dengan menjadi awardee beasiswa dari Otsuka Toshimi pada tahun 2016-2017 dan 2017-2018.

Pada tahun 2015 Dilla mendapatkan penghargaan IEEE Jepang chapter Fukuoka  sebagai Excellent Student. Profil Dilla juga terpilih untuk dicantumkan dalam buku Global woman researcher’s network Kyushu University pada tahun 2016 . Saat ini Dilla telah memegang gelar Master of Systems Life science dan sedang berjuang untuk menyelesaikan kuliah S3 nya di lab Neuroinformatic and Neuroimaging. Serta menjadi Teaching Assistant untuk English Debating training for scientist, Kyushu University.

Sempat bergabung menjadi pengurus PPI di Jepang serta menjadi bagian tim belakang layarradio PPI Jepang dikarenakan Kecintaannya terhadap di dunia pergerakan berlandaskan komunikasi dan Informasi. 

Perkataannya lebih jauh  lagi :

kata orang, saya seorang pemimpi yang ambisius.. dan saya akui itu.
Hidup tanpa mimpi = robot. hidup tanpa semangat = mayat hidup.
motto Hidup saya :

“KREATIF ADALAH KUNCI KEHIDUPAN”

Untuk mampu berkompetisi, kita harus kreatif dan itulah cara terbaik untuk beradaptasi.

Sebelumnya, subtitle dari blog pribadi ini adalah “Indonesia kreatif” tujuannya adalah menceritakan tentang kisah seorang pelajar yang berasal dari kampung dan meliput serta memberikan pendapat mengenai lingkungan sekitar.

Semenjak resmi menduduki Jepang, saya sebagai pemilik blog memutuskan untuk mengganti tagline/subtitle menjadi Dilla the explorer.

Kenapa si maniak teh (sampe dah gak kehitung jumlah orang yang ingatin untuk gak minum teh melebihi batas maksimum), penggila kopi dan penyuka nasi goreng ini mengganti blognya menjadi Dilla The Explorer, karena isi blog ketika berada di Jepang adalah kisah-kisah seorang perempuan dalam usaha menggapai mimpinya dan upaya penemuan jati diri untuk menjadi manusia yang sesungguhnya.

Tulisan saya yang telah diterbit masal:

  • Jepang ternyata -> Penerbit : Forum Lingkar Pena (2017)

Publikasi ilmiah:

Profil berbahasa inggris (2016)

Sangat menyukai langit malam, menyukai lantai paling tinggi dari setiap gedung dan menyukai kalimat Dubito, Ergo Cogito, Ergo sum (aku ragu, kemudian aku berpikir, dan itulah aku) serta mengagumi kalimat Ehipassiko! yang berarti Lihat, dan Buktikan!

 

Kadang blog ini bertuliskan bahasa Indonesia dan bahasa inggris, kadang si penulis bisa menampilkan artikel yang sangat agamis hingga artikel yang sangat “kiri” jadi, selamat mengeksplore blog ini, semoga menginspirasi. Karena kebenaran tergantung persepsi masing – masing individu

Salam,

penjelajah!

 

Bila ingin berdiskusi dengan saya, silahkan hubungi : zennifa[at]deeexplorers.com

Salam Penjelajah

Advertisements

18 thoughts on “who am I?

  1. Pengen banget ke Jepang, apalagi beasiswa kuliah atau sekolah di sana ka,
    Tapi bingung caranya. 😀

    Ngomong2 blognya bagus ka, (y)

  2. Kak Dila… bagi info donk tentang jurusan yang ada di Kyushu… terutama teknik sipil yang khusus menangani bidang air gitu, sungai atau laut gitu. Soalnya di webnya sy cm nemu teknik sipil khusus bidang struktur gt.
    makasih kak sebelumnya, 😀

  3. wah kebetulan jurusanya sama Kak, Teknik Elektro, pengin lanjut studi di jepang juga.. mohon doanya Kak..

  4. Mantab blognya kak, semangat terus !!!

    oh Iya kak saya mau nanya ni, saya Kan lagi menjalani S1 jurusan Sistem Informasi, nggak jauh beda sama teknik informatika, Karena Sistem Informasi lebih menjurus ke analisis.

    Mau nanya, Kalo di jepang untuk melanjuti jurusan tersebut S2 nya di university mana yang Ada kak ?

    Jurusan yang lebih ke software engineering ataupun yang berbau komputer.

    Karena saya suka menciptakan sesuatu gitu kak. Mungkin motto saya nggak jauh beda sama kakak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s